SUARABMI.COM - Banyak BMI yang bekerja dibawah tekanan majikannya dan mendapat perlakuan tidak semestinya dari majikannya yang super cerewet dan jahat.

Banyak pula yang tak bisa menyelesaikan masalahnya dan berujung bertindak semaunya bahkan kabur dari pekerjaannya.

Nah, jika kamu mengalami masalah dengan majikanmu,s imaklah beberap atips di bawah ini agar hak kamu terpenuhi semuanya.

1. Fokus pada pekerjaan
Salah satu tanggung jawab kamu adalah menyelesaikan pekerjaan. Oleh karena itu, lupakan dulu sikap majikan kamu  dan berfokuslah pada pekerjaan kamu.

Kerjakan sedikit demi sedikit sehingga tanpa terasa pekerjaan tersebut selesai dengan baik. Jika pekerjaan sudah selesai, kamu akan lebih nyaman dalam bersikap.

Bandingkan jika kamu tidak menyelesaikan pekerjaan kamu. Barangkali kamu akan bertambah tertekan karena mendapat omelan atau peringatan dari si bos.

2. Ikuti aturan
Sebenci apa pun kamu terhadap majikan, ikuti aturan tempat kamu bekerja. Sebagai contoh, kamu menyeesaikan semua pekerja kamu sesuai waktunya dan tidak lelet dalam bekerja.

Dengan mengikuti aturan, kamu tidak akan memiliki masalah lain karena kamu bekerja secara profesional.
[ads-post]
Sering terjadi, TKI yang sedang memiliki masalah dengan majikannya sering tidak mengikuti aturan dan berlaku sak karepe dewe.

Jangan lakukan hal ini karena hanya akan memperberat prosesmu jika sampai keranah pengaduan di perwakilan Indonesia atau departmen tenaga kerja negara penempatan.

3. Baca kontrak kerja kamu
Banyak TKI tidak memahai kontrak kerjanya, terutama hal-hal terkait kewajiban dan hak kamu sebagai tenaga kerja Indonesia.

Jika kamu merasa telah memenuhi kewajiban, cermati hak kamu. Jika hak tersebut dilanggar majikan, laporkanlah ke departemen tenaga kerja.

Jangan takut untu bertindak jika kamu memiliki cukup bukti. Berjuanglah walaupun terkadang kamu ditekan dari berbagai arah. 

4. Konsultasi dengan yang ahli
Jika majikan kamu bersikeras benar, tidak ada jalan lain. kamu harus berkonsultasi dengan bagian yang ahli seperti pihak perwakilan Indonesia, baik KDEI, KJRI atau KBRI. Saat berkonsultasi dengan mereka, informasikan kekecewaan kamu atas sikap majikan kamu.

Utarakan juga bahwa hal tersebut mengganggu hak, pikiran, dan kinerja kamu. Pihak mereka biasanya akan membantu kamu jika kamu benar-benar terdzolimi dengan bukti tentunya.

5. Adukan ke serikat pekerja
Saat berkonsultasi dengan serikat pekerja atau organisasi pekerja, sampaikan masalah kamu. Informasikan juga bahwa kamu sudah menempuh sejumlah cara namun tidak ada satu pun yang menyelesaikan masalah kamu dengan majikan.

Serikat pekerja umumnya akan membawa masalah ini untuk dibahas di rapat internal dan kemudian akan mendiskusikannya dengan pihak perusahaan atau majikan.

Jika kamu bermasalah dengan majikanmu, jangan sekali-kali kabur atau berbuat yang melanggar hukum, karena itu hanya akan membahayakan keselamatan dan nyawamu.

Jika Majikan Kamu Jahat, Jangan Gegabah, Berikut Cara Mengatasinya

loading...
Powered by Blogger.
close