SUARABMI.COM - Ada 2 potensi Tsunami menyerang Taiwan sewaktu-waktu. Kedua potensi itu sebagaimana dijelaskan oleh Central Weather Bureau (CWB) adalah jika terjadi gempa 7,0 skala richter atau lebih tinggi dan terjadi pada kedalaman kurang dari 35 kilometer dan terjadi di lepas pantai Taiwan di perairan dengan garis lintang 20-27 derajat di utara dan garis bujur 118-124 derajat ke timur.

Kedua, jika terjadi gempa bumi yang jauh memicu tsunami dan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) memprediksi bahwa hal itu bisa menyerang Taiwan dalam waktu tiga jam.

Nah, jika kedua hal diatas terjadi di Taiwan, maka pemerintah sudah menyiapkan peringatan dini Tsunami yang dikirim serentak ke nomor ponsel warga Taiwan untuk bisa menyelamatkan diri lebih dini.

Peringatan Tsunami dini ini sudah ditambahkan ke Public Warning System / PWS yang saat ini sudah bekerja dengan baik.
[ads-post]
CWB menyatakan bahwa karena Taiwan berada di zona tabrakan lempeng tektonik utama, tidak hanya rentan terhadap gempa besar, namun karena merupakan negara kepulauan, kawasan ini memiliki wilayah pesisir yang luas yang rentan terhadap tsunami akibat gempa di lepas pantai dan di daerah terpencil.

Dalam sebuah wawancara dengan CNA, Lin Tzu-wei (林祖 慰), kepala seksi Pusat Seismologi CWB, mengatakan bahwa "Pesan akan dikirim dalam waktu 10-15 menit saat gempa lepas pantai dan memperingatkan masyarakat untuk menghindari daerah pesisir dan pergi ke tempat yang lebih tinggi.

Penentuan apakah akan mengeluarkan peringatan untuk gempa jauh berpotensi Tsunami bergantung pada apakah PTWC mengeluarkan peringatan dan seberapa cepat para ahli dapat menilai apakah tsunami akan mempengaruhi Taiwan. 

Saat ini system peringatan dini telah mencakup berbagai kejadian alam seperti peringatan topan, badai petir dan juga gempa bumi.

Untuk mendapatkan peringatan ini, masyarakat harus memakai jaringan 4G dimana jaringan ini sudah mulai diberlakukan di Taiwan.

Ada 2 potensi Tsunami menyerang Taiwan sewaktu-waktu. Kedua potensi itu sebagaimana dijelaskan oleh Central Weather Bureau (CWB) adalah jika terjadi gempa 7,0 skala richter atau lebih tinggi dan terjadi pada kedalaman kurang dari 35 kilometer dan terjadi di lepas pantai Taiwan di perairan dengan garis lintang 20-27 derajat di utara dan garis bujur 118-124 derajat ke timur.

loading...
Powered by Blogger.
close