SUARABMI.COM - Tingginya biaya agensi dan administrasi di Malaysia saat merekrut TKW asal Indonesia membuat para majikan lebih memilih TKW dari Phipilina dan Kamboja sebagai gantinya.

Menurut situs web Departemen Imigrasi, biaya agen dan biaya administrasi untuk mempekerjakan seorang pekerja rumah tangga Indonesia berjumlah sekitar 18.000 ringgit (US $ 4.650), sedangkan untuk orang Kamboja atau Filipina sekitar 11.000 hingga 14.000 ringgit.

Presiden PAPA (Asosiasi Pembantu Asing Malaysia) Jeffrey Foo mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Nanyang Siang Pau bahwa para majikan berharap agen perekrutan untuk pembantu rumah tangga Indonesia akan menurunkan biaya mereka untuk mengurangi perbedaan biaya ini.
[ads-post]
Dalam laporan yang sama, wakil presiden PAPA Foo Yong Hooi berkata, “Jika biaya mempekerjakan pekerja rumah tangga Indonesia terus meningkat, banyak pengusaha akhirnya akan beralih untuk mempekerjakan orang-orang Kamboja dan Filipina.”

Dia mengakui bahwa pekerja rumah tangga Filipina menuntut gaji yang lebih tinggi, tetapi biaya agensi mereka lebih rendah. Sedangkan untuk orang Kamboja, katanya, mereka mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk mempelajari tugas-tugas mereka tetapi mereka cenderung sangat setia, menjadikan mereka alternatif yang ideal untuk rekan-rekan Indonesia mereka yang mahal.

Tingginya Biaya Agency dan Administrasi Saat Merekrut TKW Indonesia, Majikan Kini Lebih Memilih TKW Philipina dan Kamboja

loading...
Powered by Blogger.