SAVEBMI.COM - Sekelompok pekerja Indonesia rutin setiap bulannya mengadakan acara bersih-bersih kota di Distrik Kota Tua Taichung, Taiwan dalam upaya meningkatkan kesadaran kebersihan lingkungan dan membalikkan pandangan buruk akan orang Indonesia yang suka 'nyampah'.

"Kami ingin menemukan cara untuk berkontribusi kepada masyarakat karena Taiwan adalah rumah kedua kami," kata Pindy, yang memulai gerakan bersih ini pada bulan Maret di Distrik Pusat kota dimana sampah sudah mulai berserakan ditempat itu.

Pindy mengatakan kepada CNA Taiwan bahwa program bersih - bersih ini dilakukan setiap bulan pada minggu pertama, setidaknya ada 30 sukarelawan Indonesia yang rutin dalam kegiatan ini.

Kelompok ini membersihkan tempat-tempat yang sering digunakan nongkrong BMI seperti ASEAN Square dan lainnya.

Rute pengumpul sampah berjalan di sepanjang Lyu-Chuan yang baru direnovasi, kanal sepanjang 6,1 kilometer yang melewati Taichung tengah, dan berakhir di Taman Taichung.
[ads-post]
Pindy mengatakan dia dan rekan-rekannya juga membantu menjaga ketertiban umum dengan meminta orang-orang tidak membuang sampah sembarangan atau duduk di atas rumput.

"Orang-orang Asia Tenggara juga ingin menjaga lingkungan mereka bersih dan rapi," kata pria berusia 34 tahun, yang datang ke Taiwan delapan tahun lalu dan menemukan bahwa dibutuhkan tindakan nyata untuk menghapus citra negatif pekerja migran.

Awal kegiatan ini tidak bisa berjalan lancar karena sedikitnya sukarelawan namun seiring waktu, kampanye mereka dikenal oleh banyak orang dan banyak yang dengan sukarela bergabung dalam aksi ini.

"Kami sangat terkejut dan berterima kasih atas bantuan dari kelompok Indonesia untuk memungkinkan semua orang untuk hidup di lingkungan yang lebih baik," kata Lin Li-hsiung (林 豊 雄), wakil kepala insinyur Biro Sumber Daya Air kota.

Pindy mengatakan dia berharap dapat menjangkau komunitas pekerja migran dari negara lain juga, sehingga mereka dapat bekerja sama untuk lebih terintegrasi ke dalam masyarakat Taiwan.

Pekerja Indonesia di Taichung Tetap Semangat Bersihkan Kota Tiap Bulan, Membangun Nama Baik Indonesia Dari Isu Suka 'Nyampah'

loading...
Powered by Blogger.