SUARABMI.COM - Departemen Imigrasi Malaysia (Imigrasi) akan mengadakan Ops Mega 3.0 untuk menangkap imigran ilegal secara nasional mulai 1 Juli.

Direktur jendralnya, Datuk Seri Mustafar Ali, mengatakan operasi gabungan dengan lembaga-lembaga lain akan selesai setelah berakhirnya Program Penggajian dan Program Pemukiman Kembali PATI (Program Rehabilitasi) pada 30 Juni.

Dia mengatakan bahwa departemennya tidak akan memperpanjang program yang dimulai pada 15 Februari 2016, tetapi penegakan dilakukan untuk mengekang penyebaran imigran gelap, tanpa kompromi dengan pihak manapun untuk menjaga keamanan dan kedaulatan negara.
[ads-post]
"Kami tidak tahu berapa banyak jumlah imigran gelap yang masih di luar, tetapi Departemen Imigrasi tetap kekeh dalam menegakkan hukum, dan kami akan mencari semua imigran gelap di negara ini." Tuturnya

Untuk majikan yang masih keras kepala dan terus melindungi, mempekerjakan dan mengizinkan PATI untuk tetap di dalam premis, harus diingat bahwa itu adalah pelanggaran berat.

"Mereka dapat didenda dengan denda maksimum RM50.000, dipenjara tidak lebih dari lima tahun dan tidak ada lagi enam takzir/ pukulan, jika terbukti," katanya pada konferensi media khusus tentang Program Rehiring.

Mustafar mengatakan 744.942 PATI dan 83.919 pengusaha terdaftar dalam Program Rehiring untuk periode 15 Februari 2016 hingga 28 Mei melalui tiga vendor yang ditunjuk pemerintah.

"Dari jumlah total imigran gelap, 415.791 hadir di Departemen Imigrasi untuk tujuan pemutihan. Dari total, 307.557 memenuhi syarat untuk diputihkan dengan subjek hasil skrining kesehatan oleh Badan Pengawas Pemeriksaan Kesehatan Pekerja Asing (FOMEMA). Sebanyak 108.234 PATI tidak memenuhi syarat dan termasuk dalam program 3 + 1 untuk dikirim pulang dari majikan dan vendor sebelum 30 Agustus tahun ini," katanya.

Selanjutnya, Mustafar mengatakan, dari 307,557 PATI yang layak diputihkan itu, 110,489 layak menerima Pas Kunjungan Kerja Sementara (PLKS), sedangkan untuk sisa jumlah bersangkutan, pihaknya masih menunggu PATI terbabit dan majikan tampil di kantor Imigrasi untuk proses biometrik.

Dia mengatakan bahwa berdasarkan catatan dari 2014 hingga Mei, telah menangkap 213.709 PATI dan 4.540 pengusaha. Dia mengatakan dari total, 19.312 PATI dan 659 pengusaha dibawa ke pengadilan. | BH

Akan Ada Operasi Besar - Besaran Untuk Menangkap Pekerja Ilegal di Malaysia Mulai 1 Juli Mendatang

loading...
Powered by Blogger.
close