Iniah 4 Jalan Keluar Jika Kamu Terlilit Masalah Hutang

Masalah keuangan sering membuat persoalan rumit dalam kehidupan. Pengelolaan pendapatan yang besar sebagai BMI yang tidak baik, bisa menjebak seseorang dalam kondisi tercekik hutang yang menggunung.

SUARABMI.COM - Masalah keuangan sering membuat persoalan rumit dalam kehidupan. Pengelolaan pendapatan yang besar sebagai BMI yang tidak baik, bisa menjebak seseorang dalam kondisi tercekik hutang yang menggunung.

Terkadang jalan pintas sering diambil oleh mereka yang tercekik hutang, dari menghilang hingga memblokir semua aplikasi dan kabur dari instansi yang dihutangi dan kembali ke Indonesia.

Bila saat ini Anda tengah menghadapi situasi pelik berupa utang yang menggunung, jangan dulu berputus asa. Selain dilarang oleh orang tua, berputus asa menandakan Anda belum mencari referensi keuangan dan mencoba menerapkannya.

Cobalah menimbang empat jalan keluar untuk mengatasi persoalan utang Anda.
[post_ads]
1. Perpanjangan tenor pinjaman

Bila jatuh tempo utang Anda sudah terlalu dekat bahkan sudah lewat, cobalah untuk meminta perpanjangan jangka waktu pinjaman pada pihak pemberi utang. Misalnya, jangka waktu pinjaman Anda hanya 12 bulan harus lunas. Mintalah permohonan perpanjangan waktu pelunasan menjadi 24 bulan.

Dengan demikian Anda memiliki cukup waktu untuk menyicil utang secara lebih leluasa. Tapi, pastikan perpanjangan jangka waktu pelunasan itu tidak melahirkan tingkat bunga baru, ya.

2. Menambah utang baru

Dalam kamus keuangan, langkah ini bernama refinancing. Yaitu melunasi utang lama dengan utang baru yang biayanya lebih murah. Tetapi, apakah langkah gali lubang tutup lubang dengan utang ini bakal efektif?

Langkah refinancing bisa efektif bila Anda bisa menemukan utang baru dengan biaya jauh lebih murah. Misalnya, utang kartu kredit Anda lunasi dengan pinjaman tanpa agunan berbunga lebih murah. Dengan hitungan yang tepat, cara ini bisa jadi penyelesaian utang yang tepat.

3. Utang konsolidasi
[post_ads_2]
Cara ini biasanya ditawarkan oleh pihak kreditur pada para pengutang atau debitur. Yakni, debitur mengambil pinjaman baru yang dirancang untuk melunasi utang yang sudah ada. Sedikit mirip dengan nomor 2, bila Anda memilih ini, pastikan biaya utang baru itu ekonomis dan mampu Anda tanggung. Anda perlu meyakinkan pada kreditur bahwa Anda memiliki itikad baik untuk melunasi utang.

4. Agunkan aset

Mengagunkan aset kepada kreditur sebagai jaminan penyelesaian utang, juga dapat menjadi pilihan. Misalnya, mobil, emas, koleksi berharga ataupun rumah. Bila memang cara ini yang Anda tempuh, pastikan nilai aset Anda memang sebanding dengan pelunasan utang Anda.

Misalnya, utang Anda Rp 50 juta. Mengagunkan rumah yang sebenarnya bernilai pasar Rp 700 juta tentu kurang tepat. Lebih baik bila Anda memilih agunan aset yang nilainya tidak terlalu jauh dengan beban utang.

editor redaksi
sumber kompas
Banner iklan disini
Nama

BMICare,32,Cinta,15,Cuaca,5,Heboh,5,Hongkong,53,IndoNews,40,KabarBMI,229,Kesehatan,2,Korea,4,LintasManca,2,Malaysia,2,Other,2,Panduan,65,RumahTangga,9,Saudi,1,Singapura,3,Surat Pembaca,2,Taiwan,164,Tips,1,Unik,5,Waspada,16,
ltr
item
SUARABMI.COM: Iniah 4 Jalan Keluar Jika Kamu Terlilit Masalah Hutang
Iniah 4 Jalan Keluar Jika Kamu Terlilit Masalah Hutang
Masalah keuangan sering membuat persoalan rumit dalam kehidupan. Pengelolaan pendapatan yang besar sebagai BMI yang tidak baik, bisa menjebak seseorang dalam kondisi tercekik hutang yang menggunung.
https://2.bp.blogspot.com/-KnR02a2yIII/WM_jGGvm9wI/AAAAAAAAJHk/_1Bzx5rxRZcweJZqL2apfJYdLknj9pQGQCLcB/s640/Iniah%2B4%2BJalan%2BKeluar%2BJika%2BKamu%2BTerlilit%2BMasalah%2BHutang.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-KnR02a2yIII/WM_jGGvm9wI/AAAAAAAAJHk/_1Bzx5rxRZcweJZqL2apfJYdLknj9pQGQCLcB/s72-c/Iniah%2B4%2BJalan%2BKeluar%2BJika%2BKamu%2BTerlilit%2BMasalah%2BHutang.jpg
SUARABMI.COM
https://www.suarabmi.com/2017/03/iniah-4-jalan-keluar-jika-kamu-terlilit.html
https://www.suarabmi.com/
https://www.suarabmi.com/
https://www.suarabmi.com/2017/03/iniah-4-jalan-keluar-jika-kamu-terlilit.html
true
5579318521650391592
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content