loading...
============

Biaya Jadi TKI Mencekik, Padahal Ketetapan Pemerintah Hanya Sangatlah Murah, Ini Penyebabnya
SUARABMI.COM - Biaya penempatan TKI keluar negeri sebenarnya sudah diatur oleh pemerintah mengenai besarannya dimana sesuai dengan aturan KUR TKI dan selebaran dari BNP2TKI.

Suatu misal, untuk biaya penempatan TKI formal Taiwa hanyalah 10, 6 juta namun pada kenyataanya saat ini untuk biaya formal ke Taiwan mencapai 38 sampai 48 juta per TKI nya.

Didapat dari sumber terpercaya, ternyata biaya yang tinggi itu karena beberapa sebab baik dari Indonesia maupun dari Taiwan sendiri.

Disini akan kami uraian gambaran mengapa biaya itu sangat tinggi yang dikenakan kepada TKI, dan biaya itu tidak akan bisa ditekan oleh pemerintah Indonesia walaupun digembar-gemborkan setiap saat.

Pertama, Biaya yang tinggi karena permintaan fee sponsor yang tinggi. Tahun 2017 saja menurut penelusuran tim suarabmi.com, rata-rata sponsor mengantongi minim 5 sampai 10 juta per anak dimana biaya itu dibebankan kepada pinjaman TKI yang akan dikembalikan melalui potongan bulanan.

Kedua, Biaya yang tinggi karena permainan MAFIA CALO Taiwan. Perlu diketahui, di Taiwan, agensi tidak serta merta mendapat job dari majikan dengan mudah. Di Taiwan banyak sekali mafia calo yang menjadi perantara antara majikan dan agensi.

Semua harga dikuasai oleh calo, oleh karenanya agensi pun hanya pasrah kepada mafia calo karena jika tidak menuruti calo maka agensi tidak akan menjadapat job yang akan dijual lagi.
[ads-post]
Sebagian besar calo menjual job kepada agensi diatas 10 juta per jobnya sehingga agensi menjual job ke Indonesia dengan besaran lebih dari 20 juta per jobnya.

Itulah kenapa saat ini biaya penempatan TKI ke Taiwan mencapai angka yang fantastis yaitu di atas 38 juta untuk sektor formal.

Lalu bagaimana dengan sektor informal dan negara lain? Jawabannya adalah sama dan mirip dengan skema di atas.

Jadi jangan berharap biaya penempatan murah selagi penempatan TKI ini masih dipegang oleh swasta, dan akan menjadi murah jika dikelola oleh pemerintah melalui program G to G (government to government).

Semoag mafia-mafia TKI ini bisa dibenrantas sehingga biaya penempatan TKI akan lebih murah dan terjangkau oleh masyarakat miskin sehingga bisa memperbaiki perekonomian mereka.

Berikut tabel biaya penempatan dari Indonesia

Biaya penempatan TKI keluar negeri sebenarnya sudah diatur oleh pemerintah mengenai besarannya dimana sesuai dengan aturan KUR TKI dan selebaran dari BNP2TKI.

Powered by Blogger.
close