loading...

SUARABMI.COM - Minum terlalu banyak kopi atau teh setiap hari dapat menyebabkan peningkatan risiko anemia atau kekurangan zat besi, kata seorang dokter di Taiwan. 

Dokter tersebut menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dan memastikan mereka agar mengonsumsi sejumlah besi setiap hari.

Direktur Divisi Pengobatan Umum, Chou Ming-wen (周明文) menceritakan jika ada kasus seorang gadis berusia 16 tahun, orang tuanya mengatakan bahwa dia sering mengalami kelelahan dan pusing, dan mudah tertidur setiap saat, bahkan di kelas. 

Chou, yang merawat anak remaja tersebut, mengatakan bahwa dia tidak sedang diet, tidak memiliki penyakit dingin atau penyakit lainnya. 

Anak tersebut hanya makan makanan yang disiapkan oleh orang tuanya setiap hari, sehingga sulit untuk menentukan penyebab penyakitnya. 
[ads-post]
Namun, dia mengatakan bahwa gadis itu minum milk tea hampir setiap selesai makan. Sebuah pemeriksaan menemukan bahwa kadar ferritin – protein yang menyimpan zat besi dan melepaskannya dengan cara mengontrol dalam darahnya hanya 9,5 mikrogram per liter, dibandingkan dengan kisaran sehat untuk wanita sekitar 20 dari 291 mikrogram per liter.

Hal tersebut menunjukkan bahwa dia kekurangan zat besi yang parah. Tannin dalam teh dan kopi dan kalsium dalam susu dapat mempengaruhi penyerapan zat besi, sehingga kebiasaan gadis tersebut yang minum milk tea setelah makan telah mengurangi jumlah besi yang diserap tubuhnya secara signifikan, membuatnya kekurangan zat besi dan hampir mengalami anemia.

“Sebaiknya minum teh atau kopi sekitar satu sampai dua jam setelah makan agar tidak mempengaruhi penyerapan zat besi,” kata Chou. 

Lebih dari 80 persen zat besi dalam makanan, terutama sayuran, adalah non-heme, yang lebih sulit bagi tubuh manusia untuk menyerap dan dapat dengan mudah terpengaruh oleh zat lain, terutama penyerapan nutrisi sayuran.

Seperti yang ditulis oleh Taipei Times, heme iron yang lebih mudah diserap tubuh, terutama ditemukan pada ikan dan kerang, tambahnya. 

Orang yang didiagnosis kekurangan zat besi harus menyesuaikan makanan mereka dan hanya mengonsumsi suplemen zat besi yang diperintahkan oleh dokter, karena asupan zat besi yang berlebihan dapat menyebabkan komplikasi, kata Chou.

Minum terlalu banyak kopi atau teh setiap hari dapat menyebabkan peningkatan risiko anemia atau kekurangan zat besi, kata seorang dokter di Taiwan.

Powered by Blogger.
close