TKW Hong Kong Ini Masih Lap Jendela Luar Apartemen, Padahal ...
SUARABMI.COM - Seorang BMI terekam sedang membersihkan jendela luar apartemen bertingkat tinggi di Kawasan Elit Mei Fo Hong Kong tanpa adanya pengamanan atau safety.

Tetangga TKW itu berusaha mengingatkan dengan berteriak-teriak namun tak didengarnya karena lokasi yang lumayan jauh.

Nah, bagi TKW di Hong Kong kegiatan seperti ini tolaklah karena TKW berhak Tolak Perintah Majikan Untuk Bersihkan Jendela Apartemen Bagian Luar.

"Larangan membersihkan kaca jendela gedung bertingkat sudah berlaku efektif sejak Januari lalu. Kalau masih ada majikan yang menyuruh bersihkan kaca jendela, TKI berhak menolak," kata Konsul Jenderal RI di Hong Kong, Tri Tharyat, kepada Antara di Hong Kong, Selasa.
[ads-post]
Ia juga mendorong para TKI melapor kepada Kantor Ketenagakerjaan Hong Kong kalau masih ada majikan yang memaksa TKI membersihan kaca jendela.

"Regulasi itu yang menetapkan pemerintah Hong Kong yang kemudian dituangkan dalam setiap kontrak kerja antara majikan dan TKI," ujarnya didampingi Konsul Informasi dan Sosial-Budaya KJRI Hong Kong, Yuni Suryati.

Menurut Tri, aturan itu ditetapkan atas desakan KJRI dan Konsulat Jenderal Filipina di Hong Kong menyusul banyaknya pekerja asing di sektor domestik yang tewas terjatuh dari gedung bertingkat saat membersihkan kaca jendela tempat tinggal majikan.
[youtube src="6_pAxtUWeGg"/]

Seorang BMI terekam sedang membersihkan jendela luar apartemen bertingkat tinggi di Kawasan Elit Mei Fo Hong Kong tanpa adanya pengamanan atau safety.

loading...
Powered by Blogger.
close