loading...
============

SUARABMI.COM - MOM (Ministry of Manpower) Singapura telah menetapkan dakwaan kepada seorang majikan bernama Li Jun (30) pada 17 agustus 2017 lalu karena tidak membayar gaji TKW nya selama 1 tahun.

Menurut keterangan dari MOM Singapura, Li Jun melakukan pelanggaran dengan tidak membayar gaji selama 1 tahun kepada TKW asal Myanmar terhitung mulai 1 Maret 2016 hingga Februari 2017.

Dalam waktu satu taun tersebut seharusnya majikan membayar gaji TKW tersebut senilai $5.700 atau setara dengan 55 juta yang terdiri dari gaji bulanan dan upah lemburnya.

Pada hari Selasa lalu, Li juga didakwa atas pelanggaran ijin kerja di bawah undang-undang ketenagakerjaan asing dengan 13 tuduhan.

Li terancam denda $ 10.000 dan penjara hingga 12 bulan jika Li terbukti bersalah atas kasus tersebut. Kasus Li akan di sidang lagi di pengadilan pada 12 September nanti dan Li dilarang mempekerjakan TKW lainnya.

Menurut peraturan yang ada, seorang pekerja asing harus dibayar selambat-lambatnya tujuh hari setelah hari terakhir masa gajian mereka.
[ads-post]
Majikan juga harus mempunyai catatan pembayaran bulanan dan meminta pekerja tersebut untuk mengetahuinya secara tertulis.

Jika pekerja lebih suka dibayar melalui rekening bank pribadinya sendiri, majikan harus melakukannya dan memastikan bahwa dia menyimpan buku tabungan dan kartu ATM miliknya sendiri.

MOM memperingatkan para majikan untuk tidak menyimpan gaji pekerja rumah tangga mereka atas nama mereka.

Mereka juga harus menolak permintaan dari pekerja untuk membantu mereka menghemat gaji mereka.

Bagi Buruh Migran di singapura, jika mendapatkan masalah tentang ketenagakerjaan, segera melaporkan masalahnya ke MOM atau mendapatkan bantuan dari agen ketenagakerjaannya.

Jika publik mengetahui kasus semacam itu, mereka harus melaporkannya kepada MOM di mom_fmmd@mom.gov.sg atau hubungi 6438 5122. Semua informasi akan dijaga kerahasiaannya dengan ketat.

MOM (Ministry of Manpower) Singapura telah menetapkan dakwaan kepada seorang majikan bernama Li Jun (30) pada 17 agustus 2017 lalu karena tidak membayar gaji TKW nya selama 1 tahun.

Powered by Blogger.
close