loading...

SUARABMI.COM - Terkait kegiatan para BMI Hong Kong yang menggunakan hari libur mereka untuk kegiatan Hiking, Jumping dan kegiatan berbahaya lainnya, memicu perdebatan dan kritik dari para majikan mereka di media sosial.

Sebuah video menunjukkan seorang BMI Berjilbab dan jaket pelampung melompat dari tebing setinggi sepuluh meter di Rock Pools dekat Sheung Luk Stream di Sai Kung East Country Park di New Territories. Setengah dari pengunjung kawasan itu adalah TKW asal Indonesia dan juga Piliphina.

Sebagaimana pegakuan kedua TKW asal Indonesia, Fitria dan Nita, keduanya terbiasa menghabiskan waktu liburnya untuk kegiatan jumping seperti ini.

Tak hanya mereka berdua, sebagaimana dilansir Oriental, teman-temannya juga banyak sekali yang menghabiskan waktu libur disini.

Walaupun ada perintatan berbahaya, nemun keduanya tidak pernah melihat seorang BMI kecelakaan ditempat itu, jadi mereka santai-santai saja, tuturnya.
[ads-post]
Pada tahun 2014 lalu pernah ada korban seorang TKW asal Indonesia (32)  yang terseret arus air saat foto sellfie bersama temannya di Shek O.

Beberapa majikan mengeluhkan hal seperti ini, mereka menilai para TKW tak pernah ijin majikannya untuk melakukan hal berbahaya, bahkan para majikan sama sekali tidak tahu dan tidak pernah di ajak berbicara, namun jika terjadi kecelakaan, majikan juga yang pusing akhirnya.

Sebagaimana diatur dalam UU ketenagakerjaan, dimana bilamana seorang TKW mengalami kecelakaan atau terluka atau sakit, majikan harus tetap memberikan perawatan.

Chan Kam-hua, salah seorang aktifis Hong Kong mengatakan, walaupun demikian majikan tidak berhak melarang para pembantunya untuk melakukan kegiatan tersebut,Mereka juga tidak bisa menghentikan kontrak jika seorang pembantu terluka berpartisipasi dalam aktivitas berisiko tinggi.

Beberapa netizens menegaskan bahwa pekerja rumah tangga harus bebas melakukan apa yang mereka sukai pada liburan mereka.

Lantas, mengetahui ada perdebatan dikalangan pengusaha dan majikan tentang aktifitas BMI yang dianggap beresiko tinggi ini, apa pendapat kalian semuanya?

Terkait kegiatan para BMI Hong Kong yang menggunakan hari libur mereka untuk kegiatan Hiking, Jumping dan kegiatan berbahaya lainnya, memicu perdebatan dan kritik dari para majikan mereka di media sosial.

Powered by Blogger.
close