loading...

SUARABMI.COM - Sebuah aplikasi besutan mahasiswa Hong Kong yang kini sudah mempunyai member lebih dari 20.000 orang dimana akan memudahkan majikan mencari pembantu dan begitu juga mendapat respon positif.

Sejak peluncurannya beberapa waktu lalu, setidaknya sudah ada 60 majikan mendapatkan TKW dari aplikasi ini.

Dua mahasiswa tersebut adalah dari Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong yang menciptakan aplikasi gratis menghubungkan antara Majikan, Agen dan TKW.

System kerja aplikasi ini adalah seorang pekerja mengunggah informasi tentang dirinya yang selanjutnya para majikan akan memilihnya melalui aplikasi yang diberinama MamaHelper ini.

Untuk mendapatkan jasa seorang TKW dari aplikasi ini, majikan tidak harus membayar mahal. Majikan hanya dikenakan biaya HK$ 1.429 untuk pengurusan dokumen dan HK$ 1.598 untuk perekrutan pekerja yang sudah selesai kontrak sebelumnya.
[ads-post]
Harga ini di klaim lebih murah daripada sistem konvesional dimana harga konvensional bisa mencapai HK$ 5.200 menurut So Tze-yan, salah satu pendiri aplikasi ini.

8 Agen tenaga kerja dilibatkan dalam aplikasi ini untuk menyeleksi sipa-siapa dari TKW yang cocok dipekerjakan oleh majikan tertentu.

Leung Yat-yin, salah satu pencetus platform ini, mengatakan bahwa mereka sedang membangun kemitraan dengan balai pelatihan di Filipina dan Indonesia, dimana para calon TKW harus mengisi data aslinya paling tidak tahun ini agar bisa tercantum dalam aplikasi ini.

Shiella Estrada, ketua Serikat Pekerja Progresif Pekerja Rumah Tangga mengatakan beberapa TKW setelah menginstal ini langsung mendapat telepon dari pihak lain, ia kuatir kalau informasi dalam aplikasi ini bisa bocor dan disalah gunakan. | AT

Sebuah aplikasi besutan mahasiswa Hong Kong yang kini sudah mempunyai member lebih dari 20.000 orang dimana akan memudahkan majikan mencari pembantu dan begitu juga mendapat respon positif.

Powered by Blogger.
close