loading...
============

SURABMI.COM - Sekjen BNP2TKI Hermono menyatakan undang-undang baru yaitu UU Pekerja Migran Indonesia yang rencananya akan diresmikan pada 28 Oktober 2017 ini, secara perlahan akan membuat para calon BMI harus menyiapkan diri secara mandiri sebelum berangkat bekerja keluar negeri dan tidak lagi bergantung pada pelahitan yang diselenggarakan oleh PT.

"PPTKIS nanti hanya boleh beroperasi di tingkat provinsi, nantinya BMI yang harus aktif yang harus mencari lowongan kerja dan bukan lagi direkrut-rekrut . Ini yang menjadi tantangan karena kita tahu tidak semua calon BMI kita bisa sepenuhnya mandiri tapi di UU yang baru ini dia harus mandiri, harus mengurus dirinya snediri jadi kalau mau jadi BMI,"Tutur Hermono

Undang undang baru ini menuntut calon BMI untuk berlatih dan mencari tempat pelatihan sendiri sebelum akhirnya calon BMI mendaftar di PT untuk menjadi TKI.

Selain itu juga tidak ada acara rekrut merekrut sebagaimana dipraktekkan oleh sponsor selama ini dimana sponsor suka menebar janji-janji manisnya kepada calon BMI yang masih lugu.
[ads-post]
"Memang kita tahu desa pun belum semuanya memiliki kapasitas itu, nanti jangan-jangan malah kepala desanya jadi calo. Untuk itu kita melatih para mantan-mantan BMI untuk menjadi KKBM yaitu Komunitas Keluarga Buruh Migran, yang akan mendampingi calon BMI mendaftar dan juga dapat memberikan advokasi (pendampingan hukum jika ada masalah)" lanjutnya.

Kementerian Ketenagakejaan juga sedang gencar menciptakan desa migran untuk membantu program ini sehingga calon TKI bisa belajar di desa tersebut sebelum akhirnya mendaftar jadi TKI.

Kedepannya Pemerintah Indonesia akan membuat sistem yang dapat dibuka di internet di manapun juga untuk para calon BMI mendaftar bekerja keluar negeri atau untuk mendaftar ikut pelatihan keterampilan calon BMI. Akses pendaftaran lewat internet ini dapat diakses langsung sehingga diharapkan akan mencegah munculnya para calo-calo.

Sekjen BNP2TKI Hermono menyatakan undang-undang baru yaitu UU Pekerja Migran Indonesia yang rencananya akan diresmikan pada 28 Oktober 2017 ini, secara perlahan akan membuat para calon BMI harus menyiapkan diri secara mandiri sebelum berangkat bekerja keluar negeri dan tidak lagi bergantung pada pelahitan yang diselenggarakan oleh PT.

Powered by Blogger.
close