loading...
============

SUARABMI.COM - Dua gempa terjadi di Kabupaten Taitung di Taiwan tenggara dalam waktu satu menit Jumat pagi tadi, masing-masing berukuran 4,3 dan 4,9 skala Richter, menurut Biro Cuaca (CWB). 

Gempa pertama terjadi pukul 10.48 dan yang kedua pukul 10.49 dan dirasakan di seluruh bagian Taitung, Pingtung, Chiayi, Yunlin, Tainan dan Kaohsiung. Tidak ada laporan kerusakan atau cedera. 

Pusat gempa pertama sekitar 36,8 kilometer utara Balai Kabupaten Taitung pada kedalaman 5 km, menurut Pusat Seismologi CWB.

Gempa tersebut mencatat intensitas hingga 4.0 pada skala intensitas 7-tier Taiwan, yang dirasakan di Peternakan Chulu di Taitung. [ads-post] Tercatat intensitas 3.0 di Distrik Taoyuan di Kaohsiung, yang berbatasan dengan Taitung. 

Satu menit kemudian, gempa kedua melanda, berpusat 33,6 kilometer sebelah barat Balai Kabupaten Taitung pada kedalaman 6,5 km dan menciptakan tremor luas yang dirasakan di Taiwan tengah dan selatan. 

Ini mendaftarkan intensitas 4.0 di daerah kesukuan Lido di Taitung dan di Distrik Taoyuan di Kaohsiung. 

Di daerah di Taitung, Pingtung, Chiayi, Yunlin dan Tainan, tercatat pada intensitas 2,0, menurut CWB.

Lin Tzu-wei (林祖 慰), kepala seksi di Pusat Seismologi biro, mengatakan kepada CNA bahwa gempa tersebut merupakan hasil energi yang dilepaskan dari lempeng tektonik yang bergeser. 

"Mereka adalah kawanan gempa khas, yang bisa menyerang dalam waktu singkat dalam skala yang relatif moderat," kata Lin. 

Dua gempa terjadi di Kabupaten Taitung di Taiwan tenggara dalam waktu satu menit Jumat pagi tadi, masing-masing berukuran 4,3 dan 4,9 skala Richter, menurut Biro Cuaca (CWB).

Powered by Blogger.
close