============

SUARABMI.COM - Sebuah agen tenaga kerja di China Daratan telah mengakui bahwa mereka bisa mengatur agar pekerja rumah tangga asing bisa bekerja di China secara ilegal dengan bantuan agen dari Taiwan dan Hong kong.

Sistem mereka adalah dengan memajang TKW dari Indonesia dan Philipina untuk disewakan kepada mereka para majikan di China dengan biaya 10.000 yuan.

Gaji untuk pekerja rumah tangga asing yang bekerja di daratan China bisa mencapai 7.000 yuan - gaji  ini 2 kali lipat dari gaji di Hong Kong yang rata-rata HK $ 4,410.

Seorang anggota staf di agen tenaga kerja mengatakan kepada seorang wartawan melalui telepon bahwa pekerja rumah tangga biasanya datang dari Hong Kong, Taiwan atau Singapura - ketika visa mereka berakhir (overstay) , mereka bekerja secara ilegal di China.
[ads-post]
Konsulat Filipina di Hong Kong mengatakan bahwa mereka menyelidiki keluhan bahwa beberapa pekerja di Hong Kong telah merasa ditipu dengan hal ini.

Sementara itu, kepala eksekutif Carrie Lam Cheng Yuet-ngor mengatakan bahwa pemerintah akan dengan berat menghukum setiap agen pekerjaan lokal yang membantu pekerja rumah tangga Filipina  dan Indonesia untuk bekerja secara ilegal.

Sekretaris Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Dr Law Chi-kwong mengungkapkan bahwa empat agen tenaga kerja telah dicabut ijinnya karena masalah seperti ini.

*Berita ini tayang di asiatimes dengan bahasa inggris

Sebuah agen tenaga kerja di China Daratan telah mengakui bahwa mereka bisa mengatur agar pekerja rumah tangga asing bisa bekerja di China secara ilegal dengan bantuan agen dari Taiwan dan Hong kong.

loading...
Powered by Blogger.
close