loading...

SUARABMI.COM - Banyak BMI yang belum mengetahui walaupun sebenarnya ia mendapatkan buku panduan yang isinya menjelaskan tentang hal ini sebelum ia mulai bekerja di Taiwan.

Sebagaimana aturan dalam ketenagakerjaan di Taiwan, majikan tidak diperbolehkan memotong gaji TKA duluan baik itu untuk biaya agensi ataupun biaya lainnya.

Setiap bulan Majikan harus membayar semua gaji TKA nya sekaligus perinciannya dengan jelas. Jika pembayaran gaji dilakukan tidak dengan cara cash, maka majikan juga harus menyerahkan kwitansi bukti pembayaran untuk disimpan TKA.
[ads-post]
Jika majikan tidak memberikan sepenuhnya gaji TKA atau memotong gaji tanpa alasan yang jelas maka TKA bisa melapor ke depnaker, selanjutnya majikan akan mendapat SP dari depnaker.

Jika TKAnya adalah TKA yang proses kembali majikan (direct hiring), maka akan dikenakan denda yaitu TIDAK BOLEH MENGAJUKAN IJIN KONTRAK KERJA LAGI atau MEMPERPANJANG KONTRAK KERJA BAGI TKA.

Jika TKAnya adalah yang proses awal, maka akan dikenakan denda yaitu TIDAK BOLEH MENGAMBIL TKA BARU Atau akan dikenakan denda antara 60.000NT ~ 300.000NT.

Penulis Hani tw
Editor Redaksi

Banyak BMI yang belum mengetahui walaupun sebenarnya ia mendapatkan buku panduan yang isinya menjelaskan tentang hal ini sebelum ia mulai bekerja di Taiwan.

Powered by Blogger.
close