loading...

SUARABMI.COM - Peringatan darurat Tsunami kini akan dikirim ke pengguna ponsel melalui Sistem Peringatan Publik negara (PWS) jika ada tanda-tanda akan terjadinya tsunami di Taiwan.

Peringatan tsunami akan menjadi layanan terbaru yang ditawarkan oleh PWS, yang akan memberitahukan pengguna ponsel 4G tentang gempa bumi, badai petir dan topan. 

Layanan baru ini akan memberikan peringatan tsunami di bawah salah satu dari dua skenario berikut. 

Yang pertama adalah ketika potensi tsunami dipicu oleh gempa yang jauh dan diperkirakan oleh Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) untuk mencapai Taiwan dalam tiga jam dari waktu gempa.

Teks tersebut akan mencakup perkiraan waktu kedatangan dan tinggi gelombang sesuai dengan lokasi setiap pengguna ponsel, kata Lin Tzu-wei (林祖 慰), kepala seksi di Center. 
[ads-post]
Kedua sistem akan mengirimkan peringatan saat ada gempa lepas pantai yang kuat dengan fokus dangkal yang dapat menimbulkan ancaman tsunami di Taiwan.

Adapun gempa yang berpotensi Tsunami di Taiwan adalah jika kekuatan gempa 7,0 skala richter atau lebih dengan kedalamann kurang dari 35 km dengan area cakupan pada 20 - 27 derajat garis lintang dan 118 - 124 derajat garis bujur.

Sistem ini akan membagi Taiwan menjadi enam wilayah di peta bencana: utara, timur laut, timur, tenggara, barat daya Taiwan, dan daerah Selat Taiwan, yang mencakup pantai barat Taiwan dan daerah terpencil. 

Pesan peringatan akan dikirim dalam waktu 10-15 menit setelah terjadinya gempa agar masyarakat bisa menyelamatkan diri ke tempat yang lebih tinggi.

Sistem peringatan tsunami hanya akan mengeluarkan pesan teks, seperti halnya topan, badai petir dan gempa bumi yang lebih ringan.

Suara beep yang menarik perhatian saat ini menyertai peringatan hanya untuk gempa bumi berkekuatan diatas 5 skala richter di Taiwan.

Peringatan darurat Tsunami kini akan dikirim ke pengguna ponsel melalui Sistem Peringatan Publik negara (PWS) jika ada tanda-tanda akan terjadinya tsunami di Taiwan.

Powered by Blogger.
close