Awal Tahun di Taiwan, Gaji Formal Seperti Pabrik Naik Gaji Informal Seperti PRT Turun - Kok Bisa
SUARABMI.COM - Selamat tinggal gaji N$ 21009, bulan ini adalah terakhir kalinya menerima gaji dengan jumlah segitu dan mulai bulan depan sudah akan menerima gaji dengan jumlah NT$ 22000 bagi sektor formal seperti pabrik, kontruksi dan formal lainnya, namun tidak untuk informal.

Sayangnya kenaikan gaji selalu diiringi dengan kenaikan biaya lainnya seperti askes yang dibebankan kepada seluruh pekerja baik formal maupun informal dan juga astek yang dibebankan khusus bagi pekerja formal.

Kenaikan askes contohnya, dari tahun sebelumnya hanya N$296 yang ditanggung TKI kini akan naik menjadi NT$ 310 setiap bulannya atau naik sekitar NT$ 14.

Bagi yang gajinya naik tentu saja tidak jadi masalah, namun bagi PRT atau informal lainnya tentu akan mengurangi gaji mereka walaupun nilainya cukup kecil yaitu berkurang minimal NT$ 14 atau lebih jika ada kenaikan lainnya. (Jangan remehkan 14 NT karena 1000NT jika kurang 14 namanya bukan 1000).
[ads-post]
Parahnya, di Taiwan sendiri masih ada 2 jenis gaji untuk informal yaitu dimana kontrak lama masih dengan gaji NT$ 15.450 dengan kontrak baru dengan gaji pokok NT$ 17.000. Walaupun memperpanjang kontrak, rupanya masih banyak BMI yang bertahan dengan gaji lama.

Banyak pihak dari berbagai organisasi menyuarakan hal ini dengan demo dan turun kejalan terutama untuk penyetaraan informal ke formal atau memasukkan informal ke system undang-undang, sehingga informal tidak selalu kena imbas dan merugi atas keuntungan formal di Taiwan.

Namun hingga saat ini, aturan tersebut belumlah di teken dan dilirik oleh pemerintah, masih seperti masa masa silam, dimana informal masih belum dimasukkan kedalam undang-undang sehingga bagai anak tiri di Taiwan dengan beban kerja lebih.

Semoga kedepannya pemerintah lebih memperhatikan hal ini sehingga beban kerja informal yang melebihi batas normal terbayar dengan masuknya informal kedalam undang-undang ketenagakerjaan di Taiwan dan mendapatkan hak sebagaimana formal.

Mari dukung organisasi ke-BMI-an untuk memperjuangkan hak-hak BMI informal agar kedepannya mendapatkan perlakuan yang sama dengan pekerja formal.

Selamat tinggal gaji N$ 21009, bulan ini adalah terakhir kalinya menerima gaji dengan jumlah segitu dan mulai bulan depan sudah akan menerima gaji dengan jumlah NT$ 22000 bagi sektor formal seperti pabrik, kontruksi dan formal lainnya, namun tidak untuk informal.

loading...
Powered by Blogger.
close