============

SUARABMI.COM - Seorang pekerja rumah tangga asal Philipina meninggal di sebuah rumah sakit Hongkong empat hari setelah dia ditabrak sebuah Van di tai Po di New Territories pada 25 November lalu.

Pukul 2:44 pada tanggal 25 November, Geraldine Lupian Betasola (36), yang telah  bekerja untuk majikannya selama enam tahun di Hong Kong, sedang melintasi On Chee Road di Tai Po. Tiba-tiba dia tertabrak mobil dengan cepat dan tak sadarkan diri dalam kondisi kritis. Dia dikirim ke Rumah Sakit Prince of Wales di Sha Tin. Pengemudi tersebut bermarga Kan ditangkap setelah kecelakaan tersebut.

Konsulat Filipina di Hong Kong diberi tahu tentang kecelakaan tersebut. Suami Betasola, Ricardo, dan anak laki-laki berusia 16 tahun, Kyle, juga diberitahu melalui unit pemerintah daerah mereka Inabanga, Bohol, di Filipina.

Ayah dan anak tinggal di daerah pedesaan dan tidak pernah bepergian ke luar negeri. Pemerintah menyediakan dana untuk segera terbang ke Hong Kong.
[ads-post]
"Kami melakukan yang terbaik dalam memberikan dukungan penuh kepada keluarga," Kata Walikota Inabanga Josephine Socorro Jumamoy mengatakan kepada Rappler.

Pada tanggal 27 November, ayah dan anak terbang ke Manila untuk memproses aplikasi paspor mereka dengan Departemen Luar Negeri (DFA) dan mendapatkan izin perjalanan untuk Kyle dari Departemen Kesejahteraan Sosial dan Pembangunan (DSWD).

Di Filipina, anak di bawah umur yang bepergian ke luar negeri dengan hanya satu orang tua yang sah harus mendapatkan izin perjalanan dari DSWD. Pada 29 November, pukul 16:34, Betasola dinyatakan meninggal dunia. Keluarganya tiba di Hong Kong beberapa jam setelah dia meninggal dunia.

Di Hong Kong, hukuman maksimum untuk mengemudi berbahaya yang menyebabkan kerusakan fisik atau kematian adalah denda HK $ 50.000 (US $ 6,399) dan tujuh tahun di penjara.

Seorang pekerja rumah tangga asal Philipina meninggal di sebuah rumah sakit Hongkong empat hari setelah dia ditabrak sebuah Van di tai Po di New Territories pada 25 November lalu.

loading...
Powered by Blogger.
close