Mencuri Perhiasan Majikan Senilai HK$749.000, TKW Hongkong Ini Divonis 20 Bulan Penjara

SUARABMI.COM - BMI HK bernama Qomariyah (31) hari ini 15/01 divonis 20 bulan penjara karena terbukti bersalah melakukan pencurian.

Majikan Qomariyah adalah seorang konglomerat Hong Kong, bernama Jerome Lau Ting yang lebih dikenal namaya sebagai "Dandy Lau" mengatakan kepada media, kalau dirinya kapok encit (jera) memperkerjakan 'living in housemaids'. (pekerja rumah tangga yang tinggal di rumahnya)

Dandy Lau hadir di pengadilan saat pembacaan vonis terhadap mantan pembantunya, Qomariah.

Hakim Stanley Chan Kwong-chi mengatakan bahwa kasus ini menjadi pelajaran pekerja rumah tangga di Hong Kong yang tamak haloba, mengexploitasi majikanya yang sudah tua. (**Danndy Lau 67 tahun)
[post_ads]
"Kasus ini bisa seperti puncak gunung es," kata Chan. "Dia dengan terang-terangan mencederai kepercayaan majikan terhadapnya"

Kasus ini terungkap pada bulan July tahun lalu, setelah Lau mencurigai kehilangan beberapa utas perhiasan, menelpon polisi untuk memeriksa rumahnya di Happy Valley.

Perhiasan yang disimpan di tempat penyimpanan itu hanya dapat diakses oleh dirinya dan Qomariah. Tidak ada orang lain di rumah itu selain mereka berdua. Sedangkan pada brangkas dan kamar itu tdk ada tanda-tanda kekerasan pencurian.

Polisi yang tiba melakukan olah TKP menemukan bukti bahwa Qomariyah, seorang BMI, memiliki sembilan resit tanda terima menggadaikan perhiasan atas nama dirinya sesuai ID card yang dimiliki.

Fakta berikiutnya ditemukan, Qomariyah juga menggadaikan 26 utas perhiasan - masing-masing dihargai antara HK $ 3.000 dan HK $ 150.000 - ke empat tempat pegadaian dengan nilai gadai HK $ 47.700 antara bulan Juli sampai November 2016 tahun lalu.
[post_ads_2]
Padahal nilai jual delapan belas utas perhiasan yang seluruhnya digadaikan Qomariah itu senilai HK$ 749.000.

Kepada pengadilan Qomariah mengaku berencana pulang ke Indonesia namun keburu ketahuan sang majikan.

Terpisah, tahun lalu seorang BMI HK bernama Rospeni (30) divonis penjara 18 bulan setelah terbukti salah mencuri perhiasan majikanya, seorang bintang film (actrees) Hong Kong Cecilia Cheung Pak-chi senilai HK$561,400. Berita Rospeni itu menjadi heboh berminggu-minggu karena sang majikan adalah actress ternama di negeri beton itu.

Terdakwa mengaku sangat membutuhkan uang karena tekanan debt kolektor, mereka mempunyai tanggungan hutang di lembaga keuangan Hong Kong dan gagal membayar kembali hutangnya. | Kindo