loading...

SUARABMI.COM - TKI/TKW yang bekerja di luar negeri rawan dimanfaatkan para bandar narkotika dan obat-obatan terlarang. 

Mereka kerap dijadikan kurir untuk membawa masuk barang haram tersebut ke Indonesia. TKI/TKW tersebut dimanfaatkan, karena mereka kurang paham dengan jenis narkoba. 

Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kendal AKBP Sharlin Tjahaja Frimer Arie menyampaikan hal itu dalam jumpa pers di Kantor BNNK Kendal, Rabu (27/12) lalu. 

Sharlin mengatakan, pihaknya gencar melakukan sosialisasi kepada TKI/TKW yang ada di Kabupaten Kendal. 

Sosialisasi juga dilakukan terhadap perusahaan Penyalur Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI). Sosialisasi diberikan kepada ratusan TKW yang akan bekerja ke luar negeri seperti ke Taiwan (75), Singapura (65), dan Hongkong (75). "Kami dalam sosialisasi bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja Kendal," terangnya. 

Dia mengatakan, hingga kemarin tidak terdapat TKI/TKW asal Kabupaten Kendal yang terkena kasus penyalahgunaan narkoba jaringan internasional. Sementara sosialisasi ke PJTKI tahun 2017 dilakukan sebanyak dua kali.
[ads-post]
"Kami juga melaksanakan tes urine terhadap TKI/TKW tersebut. Setiap tahun kami mensosialisasikan bahaya narkoba kepada TKI/TKW maupun PJTKI,"  jelas dia. 

Kasubag TU BNNK Kendal, Wahyu Ratriani, menambahkan, selama tahun 2018, BNNK menargetkan upaya pencegahan, rehabilitasi, dan pemberantasan. 

Bidang pencegahan antara lain melaksanakan advokasi pembangunan berwawasan antinarkoba, tes uji narkoba, program pemberdayaan antinarkoba baik di instansi pemerintah, swasta, masyarakat, dan pendidikan.

"Uji narkoba target kami sebanyak 450 orang. Namun, jumlah tersebut masih bisa bertambah jika terdapat penambahan alat tes uji narkoba dari BNN Pusat," terangnya. 

Beberapa modus yang pernah dilakukan yaitu modus titip barang maupun modus ancaman sehingga TKI / TKW yang bersangkutan takut dan mematuhi perintah untuk menjadi kurir narkoba. 

Usahakan untuk tidak sendirian ketika di bandara dan jika terpaksa sendirian, tunggulah di tempat ramai yang mudah dilihat banyak orang sehingga tidak menjadi target bandar narkoba. 

TKI/TKW yang bekerja di luar negeri rawan dimanfaatkan para bandar narkotika dan obat-obatan terlarang

Powered by Blogger.
close