============

SUARABMI.COM - Kasus penyiksaan dan penganiayaan terhadap TKW asal NTT di Malaysia, Adelina Sau menjadi perhatian khusus pemerintah Indonesia dan karena ini pemerintah akan mempertimbangkan untuk melakukan moratorium.

Sebagaimana diketahui, Adelina Sau datang ke Malaysia menggunakan visa kunjungan dan mengalami penyiksaan selama 2 tahun.

Selain datang dengan menggunakan visa kunjungan singkat, data yang dipakai Adelina juga palsu sehingga hal ini membuat aparat kesulitan mencari alamat keluarganya.

Kasus Adelina dipastikan masuk dalam kasus Human Traficking atau perdagangan manusia dan saat ini ketiga majikannya sudah ditahan Polisi Malaysia.

Duber RI di Malaysia pun mengusulkan moratorium atau penghentian pengiriman TKI ke Malaysia hingga tata kelola baik didalam negeri maupun di Malaysia dibenahi dan juga sebagai sok terapi untuk warga Malaysia.

"Sudah waktunya kita keras, tidak bisa cuman wacana. Moratorium harus ditegakkan, tata kelola harus kita bereskan" Ungkap Rusdi Kirana, Dubes RI untuk Malaysia.
[ads-post]
Sementara menanggapi moratorium, pemerintah Malaysia melalui wakil perdana menterinya sebagaimana dilansir strait time akan dengan tegas menindak majikan yang menganiaya Adelina dan tidak akan memberikan perlindungan dan perlakuan khusus. Ia juga meminta pemerintah Indonesia untuk tidak melakukan moratorium.

"Kami menyampaikan keprihatinan jika laporan media Indonesia soal rencana menghentikan pengiriman pembantu rumah ke negara ini karena kasus yang sangat jarang benar-benar akan dilakukan," kata Hamidi.

Hamidi melanjutkan, Malaysia adalah negara dengan tingkat kekerasan terhadap pembantu rumah tangga terendah dibanding negara lain. Dia menambahkan, kementeriannya akan meninjau kembali peraturan dan undang-undang soal tenaga kerja domestik di Malaysia. 

Gara - Gara Kematian Adelina, Pengiriman TKI Ke Malaysia Akan Dihentikan atau Ditutup

loading...
Powered by Blogger.
close