============

SAVEBMI.COM - Beragam produk olahan nampak berjajar di etalase, ada LEPIS (Sale Pisang), Thiwul Instan, hingga yang cukup unik Janda Thoring (Jajanan Daerah Lentho Kering) . “ Saat ini yang trend dan permintaan cukup banyak jenis Janda Thoring, menyusul sale pisang dan thiwul instan” ucap pemilik produk, Mbak Heni Purwandari.

Heni Purwandari, wanita asal desa Binade Ngrayun ini sekitar 7 tahun mulai menggeluti usaha pengolahan produk makanan berbahan baku produk desa terutama ketela/singkong juga bahan lain yang banyak terdapat di pegunungan seperti jahe dan kopi.

Produknya kini telah dikenal di berbagai kota hingga luar negeri memenuhi permintaan warga Indonesia yang bekerja di sana. Permintaan tertinggi saat ini dari Hongkong, sedang untuk Taiwan juga ada namun sedikit terkendala ongkos kirim yang cukup mahal.

Inovasi Produk Dan Pengemasan, Kunci Keberhasilan.
[ads-post]
“Awal keinginan merintis usaha sendiri, bermula saat kerja di luar negeri yaitu di Hongkong tahun 2003-2008. Namanya kerja di luar negeri, bagaimanapun pasti ada keinginan untuk mandiri di rumah. Di Hongkong saya ikut berbagai pelatihan yang diadakan oleh KJRI, kemudian setelah pulang mulai mengamati produk apa yang bisa saya pasarkan” ucap Mbak Heni memulai percakapan dengan crew SETENPO.

Persaingan usaha saat ini memang tidak mudah. “Intinya bagaimana membuat produk yang berkualitas, Amati, Tiru, Modifikasi. Saat dulu di Hongkong saya melihat sudah ada produk thiwul instan, tapi ketika dimasak teksturnya hancur, saya lalu berfikir bahwa di tempat saya bisa membuat produk yang lebih baik karena Ngrayun itu gudangnya ketela dan gaplek” ucap Mbak Heni.

“Kedua adalah desain kemasan, saat ini konsumen memilih produk yang dikemas baik secara higienis (kebersihan) juga menarik di pandang mata” tambah Mbak Heni.

Alumni TKW Hongkong asal Ngrayun Ponorogo Ini Sukses Pasarkan Produk Olahan Desa Hingga Luar Negeri, Berikut Kiat Usahanya

loading...
Powered by Blogger.
close