============

SUARABMI.COMJuariyah (47) seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) selama 18 tahun menghilang dan tak diketahui keberadaannya. 

Juariyah berangkat terakhir kalinya sejak tahun 2000 lalu. Kepada keluarga, warga Dusun Sidomukti Rt 19 Rw 03 Desa Ringinsari Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe) Kabupaten Malang ini pamit bekerja di Taiwan melalui salah seorang petugas lapangan Perusahaan Pengerah Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) dan selanjutnya disalurkan ke PT Bumen Jaya di Jakarta. 

Holili, kakak kandung TKW satu anak ini mengatakan, keberangkatan Juariyah ke Taiwan untuk yang kedua kalinya, terang Holili, Juariyah berangkat pertama kali tahun 1999.

“Pada tahun 2000 adik saya pernah pulang, katanya cuti selama satu bulan. Setelah itu kembali lagi ke Taiwan. Terakhir adik saya masih sempat kirim surat,tepatnya tanggal 25/4/2001.Tetapi sampai sekarang dia tak pernah komunikasi lagi dengan keluarga”, ujar Holili Minggu (15/4/2018).
[ads-post]
Juga dijelaskan, ketika berangkat, usia Juariyah masuk 27 tahun. Juariyah menikah dengan Juhari dengan satu anak bernama Soleh yang kala itu masih usia 10 tahun.

Tetapi mereka bercerai. Selanjutnya menikah lagi dengan laki-laki lain yang masih bertetangga. Kini, nama Soleh sudah berusia 28 tahun. 

Kepulangan Juariyah, selain sangat dirindukan Soleh yang kini sudah menikah dan dikaruniai satu anak, Satirah (68) ibu Juariyah juga dalam kondisi sakit.

Sementara, Kamaluddin (70) sang ayah, Jum’at (7/4/2018) pekan lalu meninggal dunia lantaran sakit. Dengan ketidak pulangan adik bungsu tiga bersaudara ini, sebenarnya Holili ada niatan lapor ke dinas terkait, tetapi karena terbentur kondisi ekonomi yang sangat menghimpit, niatan itu tak pernah terwujud.

Tetapi upaya lain sudah ia lakukan, termasuk minta bantuan sejumlah spiritual,ternyata itu belum membuahkan hasil. 

“Saya hanya berharap bantuan pemerintah untuk bisa melacak keberadaan adik saya.Selain surat dan foto,saya tidak punya bukti lain,sampul surat termasuk paspor juga sudah tidak ada” tandas petani ini dengan nada melas.
Surat Terakhir Juariyah

Pamit Ke Taiwan, TKW Ini Sidah 18 Tahun tak Ada Kabar, Hingga Anaknya Menikah Tanpa ia Ketahui

loading...
Powered by Blogger.
close