loading...
============

SUARABMI.COM - Memperingati Mayday, puluhan TKI Taiwan melakukan aksi demo menuntut hak dan persamaan antara TKI Formal dan Informal.

Dalam aksinya didepan gedung KDEI Taipei, yang merupakan aksi gabungan antara SBMI, Ganas SPA, IPIT dan organisasi lainnya, mereka menyuarakan beberapa tuntutan.

Dinatar tuntutan itu adalah permintaan untuk memasukkan pekerja informal kedalam undang-undang ketenagakerjaan Taiwan, sehingga mereka lebih terlindungi.

Kedua menyamakan gaji TKI informal seperti gaji formal. Saat ini gaji informal di Taiwan adalah NT$ 17.000 atau setara 7,5 juta sedangkan gaji formal NT$ 22000 atau setara 10 jutaan belum termasuk lembur dan potongan.
[ads-post]
Selain itu mereka juga menuntut jam kerja yang proporsional, dimana saat ini kebanyakan PRT dan penjaga lansia bekerja 24 jam tak kenal waktu serta penghapusan system agensi.

"Kami seperti mesin bekerja hampir kurang lebih 24 jam, sementara kami butuh jadwal bekerja yang teratur" Tutur Juanita, salah satu peserta Demo.

Sementara peserta lain bernama Fajar mengatakan bahwa banyak TKI yang sebenarnya ditugaskan menjaga ama dan akong, namun dalam realitanya mereka bekerja lebih dari itu bahkan mengerjakan semua pekerjaan rumah yang semestinya bukan tugas mereka.

Berikut video liputannya
[youtube src="k-jwSVvzT-Q"/]

Puluhan TKI Taiwan Demo Minggu Kemarin menuntut Hal - Hal Berikut Ini, Termasuk Kenaikan Gaji

Powered by Blogger.
close