============

SUARABMI.COM - Nikah adalah kebutuhan setiap manusia dimanapun berada dan menikah adalah jalan satu-satunya untuk menghalalkan lobang yang tadinay haram.

Fenomena menikah di Taiwan baik itu nikah sirri maupun nikah massal menjadi viral beberapa tahun ini setelah KDEI Taipei secara resmi mengadakan nikah massal setiap tahunnya.

Peserta yang banyak membuat KDEI mengadakan acara ini secara ruti namun dengan syarat yang ketat sehingga tidak semua BMI bisa mengikutinya. Diantara syaratnya adalah:
  1. Foto copy Paspor dan ARC
  2. Foto copy KTP dan Kartu Keluarga
  3. Asli dan foto copy Surat Pengantar Lurah atau Kepala Desa, berupa formulir N1, N2, dan N4, serta Surat Persetujuan Mempelai berupa N3.
  4. Asli dan foto copy Surat Pengantar Nikah di Luar Negeri oleh Kepala KUA setempat (sesuai alamat tertera pada KTP).
  5. Asli dan Foto copy Surat Wakil Wali “Taukil Wali Bil Kitabah” (jika wali nikah tidak dapat hadir saat pelaksanaan akad nikah.
  6. Pas foto ukuran 2x3 sebanyak 3 lembar dan ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar (warna latar belakang bebas)
  7. Asli dan foto copy Akta Cerai/Keterangan Kematian (bagi janda/duda)
  8. Asli dan foto copy Sertifikat Muslim oleh organisasi resmi ke-Islam-an (jika mu’allaf).
  9. Asli surat keterangan menikah yang dikeluarkan oleh Imam Masjid di Taiwan (bagi yang sudah menikah secara syar’i dan ingin dicatatkan).
  10. Pengumuman pernikahan (Setelah pemeriksaan berkas) disampaikan melalui Website KDEI Taipei.
Nah dengan syarat diatas, tentu TKI kaburan tidak bisa mengikutinya lantaran syarat nomor 1 tak bisa melengkapinya, lalu bagaimana solusinya jika sudah kebelet ingin kawin?

[ads-post]
Nikah sirri adalah jawabannya dimana nikah sirri ini bisa dilaksanakan di berbagai masjid di Taiwan dimana penghulunya adalah pengurus masjid tersebut.

Nikah sirri di Taiwan ini tidak gratis namun dengan biaya kurang lebih NT$ 13.000 untuk biaya tempat, penghulu dan akomodasinya dengan sederhana. Lalu apa saja syaratnya?

Ada 7 syarat yang harus dipenuhi calon mempelai namun syarat itu bisa dipenuhi baik TKI resmi maupun kaburan.
  1. Kedua mempelai beragama Islam 
  2. Surat keterangan dari orang tua/ wali  kedua mempelai bahwa orang tua mengetahui dan mengijinkan anaknya akan melakukan pernikahan di Taiwan
  3. Surat keterangan domisili atau tempat tinggal dari pejabat berwenang (desa/kelurahan)
  4. Surat keterangan status dari desa atau pejabat yang berwenang. Apabila status duda atau janda harus menyertakan surat duda/janda.
  5. Foto Kopi KTP dan Kartu keluarga (KK).
  6. Foto ukuran 3 x 4 berwarna (untuk mempelai wanita foto harus berjilbab)
  7. Surat rekomendasi dari KUA wilayah setempat untuk melakukan pernikahan di Taiwan
Nah dengan melakukan nikah walaupun sirri setidaknya bisa memperjuangkan hak wanita dimana banyak TKW Taiwan setelah dikumpuli ditinggal pergi.


Dengan menikah kan ada saksi, jadi setidaknya hubungan mereka disaksikan oleh orang lain secara sah dan tidak akan mudah berpindah ke lain hati. Yuk nikah daripada kumpul 'kebo' habis itu ditnggalin....!

TKI Kaburan Taiwan Tak Punya Hak Untuk Ikut Nikah Gratis di KDEI, Lalu Bagaimana Jika Kebelet?

loading...
Powered by Blogger.
close