============

Assalamu'laikum warahmatullah wabarakatuh. Marhaban ya Ramadhan, Kalau yang merasa berat dalam berpuasa karena pekerjaan Bagaimana?? Harus kah di qodho' atau cukup membayar Fidyah???

Boleh seseorang membatalkan puasanya dikarenakan benar-benar kelaparan yang sangat atau kehausan yang luar biasa (bisa menyebabkan kehilangan akal, kebinasaan, atau hilangnya salah satu fungsi indra yang diketahui dengan perkiraan bukan dengan waham atau angan2). Maka boleh membatalkan puasa dan meng QODHO dihari lainnya tanpa fidyah.

KAPAN TERJADI QODHO' DAN KAPAN TERJADI FIDYAH

Dalam Qodho, Kaffarah dan Fidyah ada beberapa ketentuan
1. Yang Wajib Qodho beserta Fidyah yaitu 
berbuka dengan alasan takut pada sesuatu yang ada pada orang lain dalam hal ini ada 2 yaitu Hamil yang takut terjadi sesuatu pada Janinnya dan Ibu Menyusui yang takut terjadi apa2 dengan Bayinya. Maka Selain Qodho juga 1 Mud sejumlah hari yang ditinggalkan.
[ads-post]
Namun apabila takut terhadap kesehatan dirinya dan janin/ bayinya, maka cukup QODHO tanpa fidyah

Mengakhirkan Qodho ramadhan sampai ramadhan berikutnya tanpa udzur, maka baginya adalah qodho dan fidyah 1 mud satu harinya


2. Wajib QODHO saja
Seperti batalnya orang yang pingsan, lupa niat atau membatalkan puasanya dengan udzur ataupun tanpa udzur. selain nomor 1 di atas

3. Wajib FIDYAH saja
Seperti tua renta, Sakit yang tak akan sembuh

4. Tidak Wajib Qodho dan Tidak Wajib Fidyah
Seperti orang gila yang gilanya tidak di sengaja.... Edan TENAN sampai kapan tidak tahu sembuhnya

Bagi yang Merasa Berat Berpuasa Karena Pekerjaan yang Berat Bagaimana?

loading...
Powered by Blogger.
close