============

SUARABMI.COM - Akhir-akhir ini marak video tentang bea masuk atas barang-barang berharga di Bandara yang membuat banyak orang resah dan kawatir dengan barang bawaanya. Memang, barang bawaan yang nilainya melebihi ketentuan bea yaitu $500 akan terkena bea sebesar 5% dari harga barang tersebut. Nah, simaklah kasus-kasus dibawah ini agar barang bawaan anda selamat dan tidak terkena bea masuk di Bandara.

Kasus pertama :
Ada seorang TKW yang bekerja di luar negeri bertahun-tahun. Disana ia membeli berbagai tas mahal. Saking senengnya ia bawa tas itu masih dalam keadaan original packing dari tokonya. Pas sampai di indonesia pihak bea cukai menahan tas tersebut sampai dibayar bea masuk, ppn, ppnbm. Total hampir sama dengan harga asli tas tersebut. Ibu itu marah-marah dan nganggep bea cukai kejam.
[ads-post]
Kasus kedua :
Seorang penumpang dari Taiwan membawa 5 pasang sepatu dan 15 potong pakaian, dimasukan dalam koper dan dikondisikan seperti barang keperluan sehari-hari. Walaupun baru pemuda ini tidak diwajibkan bayar bea masuk oleh bea cukai.

Kasus ketiga :
Seorang TKW baru saja mudik dari Singapura, dia membeli oleh-oleh 2 potong kemeja dan sebuah notebook. Total harga pasti lebih dari USD 500, notebook dimasukan di tas gendong, sementara kedua baju barunya masih tertera kode tax pricenya. Sama bea cukai bandara orang ini disuruh bayar bea masuk untuk kedua bajunya saja sementara notebooknya tidak.

Kasus Keempat:
Kasus terakhir adalah seorang bapak yang habis dari india, dia di sana membeli dua cincin keren. Yang satu dipakai, yang satu di masukan saku celana. Ketika dilakukan pemeriksaan oleh petugas bea cukai bandara, bapak ini diminta untuk bayar cincin yang disakuinya.

Nah dah ngertikan sekarang bedanya. Jadi untuk barang-barang yang dipakai untuk keperluan sehari-hari tidak akan dikenai kewajiban bea masuk di bandara. Jadi kesimpulannya adalah kondisikan barang-barang bawaan anda sebagai barang kebutuhan penumpang selama di luar negeri.

Ini Cara Paling Jitu Agar Barang Bawaan TKI Tidak Terkena Bea Masuk Di Bandara

loading...
Powered by Blogger.
close