loading...
============

SUARABMI.COM - Hidup di negeri non Muslim seperti Hongkong, Taiwan, Korea, Singapura merupakan cobaan tersendiri bagi BMI atau TKI yang beragama muslim.

Pasalnya dinegara - negara tersebut banyak makanan haram berseliweran dimana kita sering kecolongan dan tak sadar kita telah memakannya seperti daging babi atau minyak babi.

Nah, dikesempatan puasa ini, kita akan mencoba menjabarkan apasih efeknya jika kita memakan makanan haram termasuk daging babi atau miras.

Setidaknya ada 7 efek atau pengaruh dalam diri kita saat kita mengonsumsi makanan haram tersebut, ketujuh efek tersebut adalah:

1. Doa - doa tidak akan dikabulkan
Seseorang yang memakan makanan haram doa-doanya tidak didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT. Hal ini sejalan dengan hadits Rasulullah SAW berikut ini:

Rasulullah bersabda, “Seorang lelaki melakukan perjalanan jauh rambutnya kusut, mukanya berdebu menengadahkan kedua tangannya ke langit dan mengatakan, “Wahai Rabbku! Wahai Rabbku! Padahal makanannya haram dan mulutnya disuapkan dengan yang haram maka bagaimanakah akan diterimanya doa itu?” (HR Muslim)

2. Merusak Hati dan Akalnya
Makanan yang haram dapat mempengaruhi hati dan pikiran seseorang. Jika seseorang memakan makanan yang baik atau makanan halal maka hatinya juga dapat menjadi baik dan sebaliknya jika memakan makanan haram hati seseorang dapat tercemari dan hal ini juga mempengaruhi kekhusukan dalam beribadah termasuk dalam shalat.

Makanan yang haram juga dapat mengeraskan hati seseorang sehingga tidak mampu melihat kesusahan orang lain dan enggan membantunya.

3. Amalannya tidak akan diterima selama 40 hari
Siapapun umat islam yang memakan makanan yang haram maka amal ibadahnya tidak diterima Allah SWT dalam waktu empat puluh hari seperti yang disebutkan dalam hadits berikut ini (baca penyebab amal ibadah ditolak dalam Islam)

Ibnu Abbas berkata bahwa Sa’ad bin Abi Waqash berkata kepada Nabi Muhammad SAW, “ Ya Rasulullah, doakanlah aku agar menjadi orang yang dikabulkan doa-doanya oleh Allah”. Apa jawaban Rasulullah, “Wahai Sa’ad perbaikilah makananmu (makanlah makanan yang halal) niscaya engkau akan menjadi orang yang selalu dikabulkan doanya. Dan demi jiwaku yang ada di tangan-Nya sungguh jika ada seseorang yang memasukkan makanan haram ke dalam perutnya, maka tidak akan diterima amalnya selama 40 hari dan seorang hamba yang dagingnya tumbuh dari hasil menipu dan riba, maka neraka lebih layak untuknya” (HR. At-Thabrani)
[ads-post]
4. Makanan haram membawa ke neraka
Makanan haram yang dimakan oleh seseorang akan berubah menjadi daging dan daging tersebut dapat membawa seseorang ke neraka.

Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW tentang mereka yang memakan makanan haram berikut ini

“Tidaklah tumbuh daging dari makanan haram kecuali neraka lebih utama untuknya” (HR. At Tirmidzi)

5. Mengurangi iman dalam hatinya
Mengkonsumsi makanan haram tidak hanya berdampak pada hati dan akalnya tetapi juga pada keimanannya. Makanan dan minuman haram dapat mengurangi iman seseorang dan mengganggu ibadahnya sebagaimana hadits tentang peminum khamr berikut ini.

“Tidaklah peminum khamr, ketika ia meminum khamr termasuk seorang mukmin” (HR Bukhari dan Muslim)

6. Rusaknya keturunannya
Seseorang yang memberi anaknya makan dengan makanan haram tidak akan mendapatkan kebaikan, sebaliknya makanan haram tersebut dapat merusak akhlak dan kebaikan yang ada pada diri anak.

Inilah kenapa orangtua yang memberikan makanan haram pada anaknya seringkali memiliki anak yang susah diatur dan cenderung membangkang. 

7. Menzhalimi diri sendiri
Makanan yang diharamkan oleh Allah SWt mengandung mudharat atau keburukan bisa berdampak buruk bagi kesehatan manusia seperti mengkonsumsi daging babi yang dapat menyebabkan penyakit cacing pita maupun alkohol yang dapat merusak organ hati dan organ tubuh lainnya.

Akibat makanan haram sangatlah tidak baik, oleh karena bagi BMI yang tinggal dinegeri non muslim selama bulan puasa ini seyogyanya menghindari makanan haram seperti babi, minyak babi, miras, hewan atau ayam yang tidak disembelih dengan cara islam.

Lalu bagaimana solusinya, belilah daging atau ayam di tempat - tempat berlabel halal seperti masjid atau jika tidak bisa, jadilah vegetarian. Karena vegetarian adalah yang paling aman dan terhindar dari minyak babi dan keharaman lainnya.

Nah Ini 7 Bahaya Jika Seorang Muslim Makan Makanan Haram Termasuk Babi, Begini Cara Selamat Dari Keharaman di Negeri Non-muslim

Powered by Blogger.
close