loading...

SUARABMI.COM - Akhir- akhir ini ada seorang majikan perempuan Taiwan memposting sebuah status di medsos yang menanyakan, apakah pengasuh domestik yang dipekerjakannya harus diberi libur atau tidak.

Pada hari Minggu (13 Mei), administrator Komunitas Facebook Taiwan Kens Talking mengunggah sebuah screenshot percakapan di jejaring sosial LINE tentang para wanita Taiwan yang sedang berdiskusi tentang betapa sedikit liburan yang mereka berikan kepada pengasuh domestik asing mereka, yang sebagian besar adalah wanita dari Asia Tenggara.

Dia rupanya ingin pengasuh domestik mereka merawat anak-anaknya, dimana hal itu adalah ilegal (mereka seharusnya hanya merawat para Lansia). Ayah mertua wanita itu juga tidak ingin memberi libur bagi Si Pengasuh.

Wanita pertama tsb menjawab bahwa mereka hanya meliburkan pengasuhnya sekali (satu hari)dalam sebulan. Wanita kedua yang menanggapi mengatakan bahwa mereka biasanya tidak meliburkan pengasuh mereka. Tapi apabila ia ingin cuti, pengasuhnya harus memberitahu sang majikan jauh- jauh hari (tidak boleh mendadak).
[ads-post]Dalam screenshot berikutnya, seorang wanita “mengumumkan” bahwa selama 10 bulan, mereka hanya memberi pengasuhnya satu hari libur pada hari ulangtahunnya.

Wanita berikutnya menambahkan bahwa pengasuh mereka telah bekerja untuk mereka selama enam bulan tanpa istirahat. Dia berspekulasi bahwa karena pekerja itu asing dengan lingkungannya, dia takut keluar apalagi meminta cuti.

Wanita terakhir bertanya bagaimana dia dapat mengajukan permohonan untuk pengasuh domestik.
Saat ini, memang belum ada aturan untuk WAJIB libur sekali dalam seminggu untuk pengasuh domestik dalam UU Ketenagakerjaan Taiwan. 

Namun, agensi di Taiwan biasanya memberikan kontrak kepada majikan yang mencakup ketentuan bahwa pengasuh diberikan satu hari libur per minggu.

Pengasuh domestik asing yang takut dieksploitasi oleh majikan, dapat menghubungi Saluran Bantuan Konseling dan Perlindungan 1955.

Sebagian Majikan Perempuan Taiwan Masih Segan Memberikan Para TKW Hari Libur dan Kerja Double (Jaga Akong Ama) Masih Banyak, Inilah Solusinya

Powered by Blogger.
close