loading...

SUARABMI.COM - Istilah ilmu hitam seperti santet dan tenung sedikit demi sedikit sudah semakin ditinggalkan dan dilupakan oleh masyarakat yang hidup di jaman modern seperti sekarang.

Kendati demikian, di jaman yang serba canggih saat ini, Ternyata para dukun yang masih melakukan praktek ilmu hitamnya juga selalu mengikuti perkembangan teknologi.

Seperti berita yang baru-baru ini menyebutkan para “bomoh” (julukan dukun di negara Jiran) di negara Malaysia mengklaim mampu mengirimkan santet dan tenungnya melalui media sosial seperti Facebook.

Pejabat Kementerian Cyber Security Malaysia atau lembaga ketika mengetahui hal tersebut tak mau kecolongan.

Demi menghindari hal tersebut, mereka memperingatkan seluruh penduduk negara Malaysia agar berhati-hati mengupload foto atau gambar pribadi di media sosial, termasuk Facebook.

Peringatan tersebut disampaikan langsung oleh pejabat tinggi komunikasi di kementerian kerajaan tersebut. Ditegaskan oleh salah satu staf kementrian komunikasi, Jazannul Azriq Aripin.

Bahwa sudah ditemukan kasus serius dimana bomoh menggunakan media sosial Facebook untuk menyalurkan sihir hitam seperti santet.
[ads-post]
”Jangan heran jika ‘bomoh’ sendiri semakin cerdik dan mereka mungkin telah menginstal broadband nirkabel guna melancarkan aksi sihir hitam mereka,” ungkapnya, seperti dikutip dari Siakap Keli.

“Oleh sebab itu, hindarilah mengunggah gambar diri sendiri guna menghindari ancaman sihir hitam,” jelasnya.

Di jaman dulu, sekitar abad 17 silam, penduduk Malaysia menganggap bomoh sebagai tokoh masyarakat yang bisa membantu menyembuhkan penyakit dalam.

Namun, dalam beberapa dekade terakhir, warga Malaysia telah curiga dan menuduh para bomoh menggunakan sihir hitam untuk hal-hal kurang terpuji.

Bahkan, Dato Mahaguru Ibrahim Mat Zin seorang bomoh ternama yang menjadi berita utama ketika ia menggunakan peralatan aneh seperti teropong bambu demi membantu menemukan para penumpang dari pesawat Malaysia Airlines MH 370 yang lenyap misterius itu rela dibully netizen dan publik malaysia. Namun, sampai saat ini upaya itu tidak pernah berhasil.

Seperti halnya di Indonesia, fenomena santet dan ilmu hitam masih sering digunakan segelintir oknum yang tak bertanggung jawab.

Dan penggunaan foto atau gambar sebagai sarana pengiriman ilmu hitam pada korban memang sudah sering dilakukan.

Dan dengan hadirnya media sosial seperti facebook yang menampilkan foto dan gambar diri ternyata juga dimanfaatkan oleh para dukun tersebut. Jadi waspada dan berhati-hatilah.

Sumber: aktualplus

Waspadalah, Sekarang Santet Bisa Dikirim Via Facebook

Powered by Blogger.
close