loading...
============

SUARABMI.COMMenanggapi banyaknya pertanyaan tentang TKI kaburan yang telah pulang Indonesia apakah masih bisa ke Taiwan lagi, maka kali ini redaksi akan menjawabnya sesuai dengan aturan yang berlaku.

Jawabannya adalah BISA, namun harus menunggu selama 5 tahun setelah ia dideportasi sebagaimana dijelaskan oleh pegawai KDEI Taipei beberapa waktu lalu.

"Pengen kesini bisa asal masa pencekalan dari imigrasi Taiwan sudah selesai" Ungkap salah seorang pegawai KDEI sebagaimana diwawancarai oleh Mbok Cikrak.

Ia juga menjelaskan beberapa syarat TKI kaburan bisa kembali ke Taiwan dalam masa 5 tahun, berikut adalah syaratnya.
[ads-post]
Tidak ada kasus
Jika dalam pendeportasian TKI tidak ada kasus kriminal di Taiwan, ia bisa kembali dengan mudah ke Taiwan setelah 5 tahun, namun jika ada kasus maka ia akan di blacklis selamanya untuk memasuki Taiwan.

PJTKI Mau Memproses
Komponen penting selanjutnya adalah PJTKI atau PPTKIS, karena kebanyakan PJTKI tidak mau memproses mantan TKI kaburan karena resiko yang terlalu besar dimana kedepannya ia bisa menjadi kaburan lagi.

Agensi Menerima
Kebanyakan agensi tidak akan mengambil resiko berlebih dalam merekrut TKI dimana mereka lebih memilih calon TKI yang mempunyai track record bagus daripada TKI yang pernah kabur, karena resiko bagi agensi juga sangat tinggi terhadap sanksi atas banyaknya TKI kaburan.

Majikan Menerima
Majikan juga akan mengetahui bahwa calon pekerjanya pernah kabur di Taiwan, hal ini akan membuat majikan berpikir untuk menerima TKI tersebut karena mungkin akan terjadi hal serupa, yaitu kabur saat ia ada masalah dengan majikan.

Nah, dari 4 syarat di atas tentunya akan sangat sulit seorang TKI kaburan jika ingin kembali ke Taiwan. Jika bisa, itu hanyalah keberuntungan saja bagi mereka. 

Sedangkan TKI yang belum 5 tahun juga bisa kembali ke Taiwan namun ada syaratnya yaitu:
  • Ada papa atau mama yang mempunyai KTP Taiwan yang akan menjaminnya di imigrasi
  • Atau ada anak yang mempunyai KTP Taiwan yang akan menjaminnya di imigrasi
  • Dan atau ada suami atau istri yang mempunyai KTP Taiwan yang akan menjamin juga di imigrasi.

Semoga informasi ini bermanfaat dan bagikan kepada rekan-rekan agar lebih berhati-hati memilih status antara resmi dan kaburan.
[youtube src="KJRcY5DbELk"/]

KDEI: TKI Kaburan Bisa Balik Lagi Ke Taiwan Setelah 5 Tahun, Namun Ada Syaratnya Berikut Ini

Powered by Blogger.
close