loading...

SUARABMI.COMRekaman video pelecehan s*ksual terhadap seorang tenga kerja Indonesia wanita (TKIW) di Hong Kong menjadi viral, setelah diunggah di sebuah grup Facebook, Selasa (24/7/2018).

TKW yang diketahui bernama Ariyati Wulandari (23th) asal Bima, NTB sudah bekerja selama 8 bulan di Hong Kong. Menurut yang tertera di kontrak kerja yang ditandatangani oleh Chan Yeuk Sun, Ati, panggilan akrab TKW itu, seharusnya bertugas menjaga dua anak majikannya. Tetapi sesampainya di Hong Kong Ati dipaksa bekerja di dua rumah sekaligus. Rumah majikan dan orang tua majikannya yang keduanya berada di daerah Hung Hom.

Menurut pengakuan Ati, p*lecehan yang dialaminya sebenarnya bukan pertama kalinya terjadi. Sebelumnya ia sudah sering diperlakukan tidak sen*noh oleh kakek dan sudah pernah mengadu ke Agen Leader yang beralamat di Lok Fu Plaza, namun Ati diminta mencari dan menunjukkan buktinya.
[ads-post]
Ati di keluarga majikannya yang bermarga Chan, selain diperkerjakan tidak sesuai kontrak juga tidak mendapatkan akomodasi yang layak. Setiap hari Ati hanya diberi makan sebungkus mie pada jam 2 siang dan semangkuk nasi pada malam hari. Selain itu ia juga baru bisa istirahat pada jam 1 malam dan mesti bangun jam 5 pagi untuk mulai bekerja.

Menurut Ati, videonya yang beredar di media sosial ia ambil pada hari Selasa (24/7/2018), pukul 9:30 AM. Video itu awalnya ia kirimkan kepada sepupunya yang kemudian mengirimkan videonya kepada temannya yang mengunggahnya di media sosial. Berkat video yang beredar tersebut, pada jam 3:00 PM, Ati diminta agennya untuk kabur dari rumah majikannya.

Ati yang diberangkatkan ke Hong Kong oleh PT Mitra Sinergi Sukses, Bekasi, diharuskan membayar potongan gajinya selama 6 bulan sebesar HK$2140. Sekarang Ati berada di boarding house agen yang berada di daerah Taipo.

“Tadi majikan sudah datang ke Agen, tapi saya tidak tahu apa yang mereka bicarakan. Saya tidak paham bahasanya. Yang saya inginkan saat ini adalah saya mendapatkan keadilan dan bisa segera pulang ke Indonesia, saya trauma,” kata Ati kepada SUARA, Selasa (24/7/2018).

Lebih lanjut Ati mengatakan bahwa kakek yang mel*cehkannya tidak dalam keadaan sakit. Kakek tersebut memang genit meski usianya sudah lanjut.

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong, mengaku sudah mengetahui perihal video yang beredar, dan akan melakukan tindak lanjut. | suara
[youtube src="S6Lp0dN3Z6k"/]

Begini Nasib TKW Hongkong yang Videonya Viral Kemarin Karena di 'Grepe' Kungkungnya

Powered by Blogger.
close