loading...

SUARABMI.COM - Laporan media Taiwannews menyebutkan sebanyak 10 orang tenaga kerja asal Indonesia (TKI) telah ditahan oleh pihak kepolisian distrik Tucheng, New Taipei.

Penangkapan para pekerja migran Indonesia (PMI) ini dirilis oleh pihak berwajib dalam siaran pers yang dirilis pada hari Selasa (17/07) oleh Kantor Polisi Kota Keelung.

Polisi melakukan penangkapan sehari sebelumnya setelah menerima informasi rahasia bahwa banyak pekerja migran asing yang tidak diketahui jumlahnya dikabarkan tengah bersembunyi di sebuah apartemen di distrik Tucheng.

Menanggapi laporan ini, pihak terkait mengirimkan sebanyak dua puluh orang petugas berwenang yang dikirim ke apartemen yang diduga menjadi markas sejumlah TKI ilegal di wilayah utara Taiwan.
[ads-post]
Dalam operasi penangkapan tersebut, pihak berwajib berhasil membekuk sebanyak sembilan orang tenaga kerja wanita (TKW) dan satu PMI pria, laporan Taiwannews.
Usai ditangkap, seluruh pekerja migran asing ini kemudian dipindahkan ke Brigade National Immigration Agency (NIA) atau badan imigrasi nasional distrik Keelung untuk ditanyai lebih lanjut.

Keterangan pihak kepolisian menyebutkan bahwa sebanyak 10 orang PMI ini mengaku melarikan diri dari majikan asli mereka.

Usai kabur dari kontrak kerja resmi, mereka akhirnya bekerja secara ilegal sebagai pengasuh atau pekerja pabrik di wilayah bagian utara Taiwan.

Seorang perwira polisi yang kerap menangani kasus serupa kepada CNA mengatakan bahwa dari hasil kerja ilegal, para pekerja migran kaburan ini menghasilkan uang sebesar NT $ 1.600 per hari dan memberi uang sebesar NT $ 300 kepada seorang pialang ilegal yang mengatur pekerjaan ilegal bagi para pekerja migran kaburan seperti mereka.

Hingga saat ini pihak kepolisian kota New Taipei dikabarkan telah mendapatkan informasi lebih detail mengenai sosok broker atau agensi ilegal yang kerap menolong dan mempekerjakan para TKI kaburan di wilayah Taiwan.

Polisi juga akan melakukan penyelidikan dan penangkapan pelaku terkait kasus penyelidikan perdagangan manusia dan eksploitasi tenaga kerja migran asing secara ilegal di negeri Formosa. 

Hebuoh....! 10 TKI Kaburan Ditangkap Polisi New Taipei Saat Razia Karena Hal Ini

Powered by Blogger.
close