loading...

SUARABMI.COM - Badai Tropis Yagi yang saat ini tengah terbentuk di sebelah tenggara Taiwan dikabarkan akan bergerak menuju Kepulauan Ryukyu Jepang, menurut laporan yang disampaikan oleh CWB.

Yagi (摩羯) merupakan badai tropis ke-14 tahun ini, yang saat ini tengah berada di titik 1,400 km timur-tenggara Taipei, sedang dalam tahap penelitian oleh CWB sebagai bentuk antisipasi atas pergerakannya ke arah utara-barat laut menuju Kepulauan Ryukyu, sebelum menuju semenanjung Korea dan China.

Peramal cuaca CWB Liu Pei-tung (劉沛滕) mengatakan cuaca di Taiwan akan cenderung tetap panas, dengan badai petir terjadi di siang hari. Dari pagi hari hingga siang hari, Taiwan Utara dan Tengah akan diguyur hujan, sementara itu Taiwan Selatan dan Timur juga dikabarkan akan diguyur hujan ringan karena pergerakan awan menuju ke arah utara.

Ketika hujan tidak meliputi wilayah Taiwan, suhu di utara Taiwan seperti Yilan dan Hualien akan sangat panas dan dapat mencapai 36 derajat Celcius.
[ads-post]
Dengan adanya typhoon lain dan badai tropis, Typhoon Shanshan yang terbentuk pada pukul 2 a.m di titik 2,200 km timur-timur laut Taipei akan mempengaruhi cuaca di Jepang. Menurut juru bicara CWB beberapa sebab terbentuknya badai tropis yang berada di Laut China Selatan akan mempengaruhi Provinsi Guangdong yang akan mengakibatkan hujan deras merata di sepanjang Taiwan Tengah dan Selatan.

Wu Der-rong (吳德榮), pakar meteorologi dari NCU, mengatakan bahwa secara tidak langsung badai tropis yagi tidak akan mempengaruhi cuaca di Taiwan. Namun karena ianya bergerak menuju arah utara, sementara di titik yang akan dilaluinya tengah juga terbentuk badai tropis yang akan bergerak ke arah barat daya maka pertemuan ini akan membawa dampak baru untuk cuaca di Taiwan selama 3 hari, dimulai sejak 15 Agustus.

Wu juga mengklarifikasi bahwa badai tersebut bisa saja menjadi typhoon namun pihaknya dapat memastikan kabar tersebut pada tanggal 12 atau 13 Agustus.

nihaoindonesia

Badai Tropis Yagi Menuju Taiwan Utara

Powered by Blogger.
close