loading...
============

SUARABMI.COM - Ribuan wanita di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, terancam menjadi janda baru seiring tingkat perceraian yang cukup tinggi.

Informasi yang dihimpun dari Pengadilan Agama Negeri Blitar, di Kabupaten Blitar dan Kota Blitar sejak Januari hingga Juli, tercatat sudah ada 1.841 pengajuan perceraian. Proses pengajuan cerai tersebut sudah ada yang terselesaikan dan ada pula yang tengah memasuki masa persidangan.

"Dari 1.841 pengajuan yang masuk, sebanyak 1.129 merupakan pengajuan cerai gugat. Atau pengajuan cerai yang dilakukan oleh pihak perempuan. Sedangkan 712 sisanya merupakan pengajuan cerai talak oleh pihak pria," ucap  Humas  Pengadilan Agama Blitar Muhammad Fadli.
[ads-post]
Menurut Fadli, kasus perceraian di Blitar disebabkan beragam faktor. Banyak alasan yang membuat pasangan suami istri yang akhirnya memutuskan untuk mengakhiri pernikahannya. Jika dilihat dari pihak wanita, perceraian lebih disebabkan karena faktor ekonomi. Diketahui banyak wanita di Blitar bekerja sebagai tenaga kerja wanita (TKW) di luar negeri.Banyak kasus salah satu pihak memutuskan untuk bercerai dengan meminta bantuan pihak pengacara.  

Sementara jika dilihat dari sisi suami, banyak yang mengajukan cerai dengan alasan sudah tidak ada kecocokan. "Alasan pasutri ini memilih bercerai macam-macam. Mulai faktor ekonomi hingga faktor ketidakcocokan yang membuat ada pihak ketiga sehingga menyulut perceraian," kata dia.

Bakal Ada Ribuan Janda Baru di Blitar

Powered by Blogger.
close