loading...
============

SUARABMI.COM - Seorang TKW asal Indonesia yang melakukan penerbangan dari bandara Soekarno Hatta Jakarta tertangkap imigrasi Hongkong bersama seorang pria yang keduanya bekerja sama mencoba memasukkan kayu gaharu ke Hongkong.

Keduanya membawa kayu itu seberat 41,8 kg yang dibagi menjadi 2 bagasi dimana nilai kayu langka itu mencapai HKD 670.000 atau Rp. 1,2 Milyar.

Karena hal ini, TKW yang berusia 31 tahun bersama pria yang sering bolak balik Indonesia Hongkong berusia 51 tahun itu ditahan otoritas imigrasi.

Setelah menahan kedua penumpang, Imigrasi Hong Kong selanjutnya menyerahkan kasus tersebut ke bagian karantina tumbuh-tumbuhan karena barang yang mereka bawa termasuk hasil vegetasi yang dilindungi.
[ads-post]
Diketahui, kayu tersebut adalah sepenuhnya milik pria itu namun karena beratnya melebihi batas bagasi lantas dititipkan kepada salah seorang TKW yang tidak membawa barang banyak.

Menurut Ordonasi di Hong Kong, yang dilakukan keduanya termasuk melawan ordonasi. Setiap orang yang mengimpor atau mengekspor vegetasi langka dan dilindungi secara ilegal terancam hukuman maksimum denda HKD 10 juta serta pidana selama 10 tahun.

Perlu diketahui Gaharu adalah kayu berwarna kehitaman dan mengandung resin khas yang dihasilkan oleh sejumlah spesies pohon dari marga/genus Aquilaria, terutama A. malaccensis. Resin ini digunakan dalam industri wangi-wangian (parfum dan setanggi) karena berbau harum.

Hal ini bisa menjadi pelajaran bagi BMI sebagaimana redaksi tekankan berkali - kali, jangan sembaranga menerima titipan orang karena apapun itu bisa menyusahkanmu dikemudian hari. Lebih baik dikatakan tak peduli orang daripada peduli namun nasib kita menjadi taruhan. Dibandara, buang jauh - jauh budaya rikuh demi keselamatan nyawamu.

Bawa Kayu Jenis Ini Dari Titipan Orang, TKW Hongkong Ini Terancam Penjara 10 Tahun dan Denda 10 Juta HKD

Powered by Blogger.
close