loading...

SUARABMI.COM - Organisasi yang mewakili pekerja rumah tangga asing di Hong Kong telah mengupayakan kenaikan hampir 25 persen dalam upah bulanan minimum untuk pekerja rumah tangga, tetapi permintaan tersebut tampaknya tidak akan dipenuhi karena perwakilan dari asosiasi majikan di Hong Kong sangat menentang setiap revisi kenaikan gaji.


Setiap tahun pemerintah meninjau upah minimum yang diperbolehkan (MAW) untuk pekerja rumah tangga asing, yang saat ini jumlahnya diperkirakan sekitar 370.000. Pengambilan keputusan biasanya dilakukan pada bulan September atau Oktober setiap tahunnya.

Pada Selasa (7/8/2018), Departemen Tenaga Kerja bertemu dengan perwakilan dari serikat pekerja domestik dan asosiasi majikan untuk mendengarkan pendapat mereka tentang masalah ini.
[ads-post]
Leo Tang dari Serikat Pekerja Rumah Tangga Asia Federasi Hong Kong, mengatakan bahwa mereka mengusulkan kenaikan MAW sebesar 24,7 persen, yaitu naik menjadi 5.550 dolar Hong Kong. Dan tunjangan makan sebesar 2500 dolar Hong Kong yang harus diberikan majikan jika pekerjanya tidak diberi makanan.

Permintaan tersebut tidak disetujui oleh Betty Yung Ma Shan-yee, ketua Asosiasi majikan di Hong Kong yang mengatakan jika para majikan sudah menanggung beban membayar berbagai pengeluaran pembantu. Ia juga menyebutkan jika majikan adalah kelompok yang paling terpengaruh oleh peningkatan biaya hidup beberapa tahun terakhir.

Ma menyarankan kenaikan gaji untuk pekerja rumah tangga asing tidak boleh melebihi 2 persen. Juga tidak boleh ada diskusi lebih lanjut untuk setidaknya dua tahun sebelum peninjauan dilakukan.

Sementara itu, Joan Tsui Hiu-tung, perwakilan dari organisasi yang mendukung para majikan di Hong Kong mengatakan lebih dari 7 dari 10 majikan yang di survei menginginkan gaji tetap, sementara 22 persen menginginkan pemotongan gaji. Dari hasil survei tersebut ditemukan fakta jika majikan harus menghabiskan 9000 dolar Hong Kong setiap bulan untuk pembantu mereka. Termasuk uang yang dibelanjakan untuk makanan dan biaya hidup lainnya. Juga memperhitungkan jumlah yang dibayarkan kepada agen.

ejinsight hk, hongkongfairies

Perwakilan Majikan di Hongkong Menolak Keras Permintaan Kenaikan Gaji + Uang Makan Menjadi HK$ 8050

Powered by Blogger.
close