loading...

SUARABMI.COM - Kementerian Luar Negeri Taiwan (MOFA) mengumumkan bahwa pemerintah Taiwan akan menyumbangkan dana bantuan sebesar US $ 250.000 (atau setara dengan NT $ 7,7 juta) bagi korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Dalam konferensi pers yang digelar pada hari Rabu (08/08), MOFA menyatakan bahwa bantuan tersebut akan dikirimkan kepada para korban gempa bumi baru-baru ini yang sejauh ini telah merenggut sekitar 226 korban jiwa.

Ger Bau-shuan, direktur jenderal Departemen Deplu Asia Timur dan Pasifik, mengatakan pada konferensi pers tersebut bahwa pemerintah Taiwan memutuskan untuk memberikan bantuan keuangan bagi orang-orang yang menderita gempa bumi kuat yang terjadi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Hal ini dikarenakan mengingat pemerintah Taiwan dan pemerintah Republik Indonesia memiliki hubungan diplomatik yang substantif dan bersahabat.
[ads-post]
Namun, Ger mengatakan sejauh ini pihak kementerian Taiwan masih belum memutuskan bagaimana akan mengalokasikan dana bantuan tersebut.

"Donasi akan ditangani oleh kantor perwakilan Taiwan (Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipei) di Indonesia," kata Ger.

Ia menambahkan bahwa penanganan dana bantuan ini juga akan bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dan LSM untuk memutuskan bagaimana mengalokasikan bantuan bencana berdasarkan kebutuhan dari korban gempa.

Selain itu, Ger mengatakan bahwa sebanyak 17 warga negara Taiwan yang dikabarkan terkena dampak gempa bumi sejauh ini semuanya dalam keadaan aman dan sehat. Beberapa dari mereka telah dikirim kembali ke Taiwan, yang lain tinggal di akomodasi sementara sebelum dikirim pulang, tambah Ger.

Sumber : Taiwannews, CNANews & Focus Taiwan, indogo

Taiwan Sumbangkan Dana Bantuan Sebesar 7,7 Juta NTD Bagi Korban Gempa Lombok

Powered by Blogger.
close