loading...
============

SUARABMI.COM - Mantan kepala Kantor Ekonomi dan Budaya Vietnam di Taipei, Tran Duy Hai, yang bertugas sebagai wakil pimpinan atas urusan dan hubungan bilateral negara Asia Tenggara untuk Taiwan telah berakhir masa tugasnya pada tanggal 12 Agustus 2018.

Sebelum menyerahkan jabatannya kepada pimpinan yang baru, Tran menyerukan agar dilakukan pengurangan biaya broker oleh pialang tenaga kerja Taiwan, laporan CNANews pada hari Minggu (12/08).

Menurut data statistik Departemen Tenaga Kerja (MOL) Taiwan yang dilaporkan pada akhir Juli lalu menyatakan bahwa sebanyak 47 persen dari 51.404 orang yang tercatat menjadi pekerja migran ilegal di Taiwan berasal dari Vietnam.

Tran mengaitkan kerasnya masalah "pekerja pelarian" dengan biaya yang terlalu tinggi yang dibebankan oleh broker atau pihak agensi Taiwan. Hal ini merupakan sebuah masalah yang dia kemukakan sedini mungkin ketika dia mengambil alih kantor Ekonomi dan Budaya Vietnam di Taipei pada tahun 2015 silam, laporan CNANews.
[ads-post]
Cukup beberapa pekerja Vietnam yang meninggalkan majikan mereka secara ilegal karena mereka tidak lagi mampu membayar biaya broker, kata Tran, mengutip pernyataannya saat melakukan pertemuan dengan para pekerja migran asal Vietnam yang berstatus tenaga kerja kaburan.

Tran juga menyatakan keprihatinannya atas keluhan para pekerja dari negaranya bahwa bantuan dari broker Taiwan sering tidak memadai ketika mereka jatuh sakit. Para pekerja migran Vietnam ini dikabarkan sering dibiarkan tanpa akses ke perawatan yang baik meskipun biaya bulanan yang mesti mereka bayarkan cukup tinggi.

Dalam wawancara dengan CNANews sebelum keberangkatannya, utusan itu meminta pembelaan biaya broker yang lebih rendah dan hak yang lebih baik bagi pekerja migran dari Vietnam. Pembicaraan resmi antara kedua negara telah dilakukan sejak tahun 2016 silam untuk mempromosikan skema perekrutan langsung atau direct hiring yang dinilai efektif untuk mengatasi masalah ini, katanya kepada CNANews.

Nguyen Anh Dung, kepala Kantor Ekonomi dan Kebudayaan Vietnam di Taipei yang baru dikabarkan akan mengambil alih kantor tersebut pada tanggal 22 Agustus mendatang. Nguyen ditempatkan di Taipei pada 1990-an dan akrab dengan hubungan Taiwan-Vietnam, laporan CNANews.

Taiwannews, indigo & CNANews

Tingginya Biaya Agensi Jadi Penyebab Utama Banyaknya Pekerja Migran Kabur di Taiwan, Benarkah?

Powered by Blogger.
close