loading...

SUARABMI.COM - Menyambut festival pertengahan musim gugur dimana pada saat itu juga ada hari libur nasional, Kementerian Tenaga Kerja Taiwa (MOL) menegaskan bahwa bagi para pekerja yang tidak diliburkan oleh majikannya berhak mendapatkan kompensasi atau ganti rugi.

Dalam pers confern pada Kamis kemarin (20/9), MOL mengatakan para pekerja harus mendapatkan bayaran 2 kali lipat saat mereka menyetujui permintaan majikan mereka untuk tetap bekerja  pada saat perayaan festival.

Festival tradisional ini dirayakan oleh penduduk dan masyarakat Taiwan dimana akan jatuh pada ke-15 bulan ke-8 dari kalender lunar. Dimana pada tahun ini, festival tersebut jatuh pada hari Senin, 24 September.

Hari itu merupakan hari libur nasional bagi pekerja sektor formal yang masuk ke dalam aturan undang-undang perburuhan Taiwan termasuk TKI, dimana mereka sebenarnya berhak untuk mengambil hari libur tersebut.
[ads-post]
Kementerian Tenaga Kerja Taiwan juga mengatakan apabila Festival Pertengahan Musim Gugur bertepatan dengan hari libur biasa (sabtu dan minggu) maka para pekerja harus diberi kompensasi dengan hari libur pengganti.

Jika majikan melanggar hal ini, pekerja dengan bukti yang ada bisa mengajukan keluhan ke agen tenaga kerja lokal seperti biro tenaga kerja kabupaten atau kota atau biro kesejahteraan sosial, dan orang-orang yang ditugaskan secara khusus akan menangani keluhan mengenai pekerja di Taiwan, tambah pihak MOL Taiwan. 

Taiwannews

Kata Depnaker Taiwan: TKI dan Pekerja Lainnya yang Bekerja pada Hari Libur Nasional Harus Digaji 2 Kali Lipat

Powered by Blogger.
close