loading...
============

SUARABMI.COM - Setelah Topan Mangkhut melewati Guam kemarin, sekarang dalam perjalanan menuju perairan selatan Taiwan, dan bisa segera berkembang menjadi topan terkuat tahun ini,  menurut Presiden WeatherRisk Jelajahi Inc Peng Chi-ming.

Pada halaman Facebook-nya, Peng pagi ini mengatakan bahwa pusat Topan Mangkhut terletak 2.400 kilometer tenggara dari Eluanbi dan bergerak ke arah barat dengan kecepatan 23 kilometer per jam. Radius Mangkhut telah berkembang menjadi 220 kilometer dan membawa kecepatan angin maksimum 162 kilometer Per jam, dengan hembusan 198 kilometer per jam.

Peng mengatakan bahwa hari ini atau besok, Mangkhut akan merningkat menjadi standard “topan kuat”. Biro Cuaca Pusat memberikan label topan Mangkhut sebagai topan yang kuat, sedangkan Joint Typhoon Warning Center (JTWC) dan biro cuaca di Hong Kong, Macau dan China telah mengupgrade topan tersebut sebagai “topan super.”
[ads-post]
Peng memprediksi bahwa puncak intensitas badai antara Kamis hingga Sabtu. Peng menambahkan kemungkinan Mangkhut menjadi topan terkuat di Pasifik Barat tahun ini.

Peng mengatakan Mangkhut akan datang paling dekat dengan Taiwan pada hari Sabtu. Namun, Peng mengatakan masih ada ruang untuk penyesuaian sebagai perkiraan ini didasarkan pada posisi sistem tekanan tinggi.

Peng menyoroti kemungkinan hari Kamis hingga Jumat sebagai titik kritis ketika sistem tekanan tinggi bisa menyebabkan topan menuju ke barat atau kemiringan ke barat laut, yang terakhir akan berdampak lebih besar pada Taiwan. Saat ini, serangan langsung ke Taiwan masih dalam “Margin of error”.

Menurut model terbaru dari European Centre for Medium-Range Weather Forecasts (ECMWF), pusat Mangkhut terletak 300 kilometer di selatan Taiwan pada hari Sabtu pagi. Mengingat berbagai kemungkinan bisa terjadi, Taiwan selatan bisa berada di Tepi pinggiran badai.

Mulai Rabu, Peng mengingatkan masyarakat untuk mengikuti laporan cuaca melihat status topan, terutama daerah pesisir Taiwan timur. Gelombang besar kemungkinan akan bergejolak dan Peng mengingatkan masyarakat untuk memeriksa prakiraan gelombang sebelum menuju ke pantai mencoba untuk menghindari bencana penenggelaman tragis yang pernah terjadi di Yilan.

Peng memperkirakan bahwa hujan akan mulai meningkat dalam intensitas di Taiwan timur karena topan mendekati pada hari Jumat. Peng mengatakan hujan mungkin akan mencapai puncaknya pada hari Sabtu, namun itu tergantung pada jarak topan dari Taiwan, semakin jauh, semakin sedikit dampaknya.

Pada hari Minggu, hujan akan mulai surut ketika topan mencapai Taiwan barat daya, sebelum melanjutkan ke Delta Sungai Pearl, di mana Hong Kong dan Macao dapat menanggung beban bencana badai yang dahsyat.

Para Ahli Cuaca Memprediksi Bahwa Thypoon Mangkhut yang Akan Datangi Taiwan, Hongkong dan Macau Akhir Minggu Ini Sebagai Thypoon Terbesar Tahun Ini, Apa Jadinya?

Powered by Blogger.
close