loading...
============

SUARABMI.COM - Biro cuaca Taiwan mengatakan pada hari kamis sore kemarin (13/9) bahwa pihaknya akan sedikit kemungkinan mengeluarkan peringatan laut untuk Topan Mangkhut ini karena badai telah membelok lebih jauh ke selatan dari yang diperkirakan.

Mangkhut, badai Pasifik ke-22 tahun ini, terletak sekitar 1.270 kilometer tenggara dari titik paling selatan Taiwan, Eluanbi, pada pukul 16:00 Kamis kemarin.


Meskipun Mangkhut tidak akan menimbulkan ancaman langsung ke Taiwan dan peringatan laut tidak terlalu mungkin, arus yang bersirkulasi di pinggiran topan akan membawa hujan lebat ke daerah pegunungan di Taiwan timur dan selatan.
[ads-post]
Sedangkan di Hongkong, seorang ahli cuaca mengatakan, Super Topan Mangkhut atau Badai Manggis diprediksi akan menjadi “ancaman besar” karena merupakan badai terbesar sepanjang sejarah perbadaian di Hong Kong.

Super Typhoon Mangkhut diperkirakan akan membawa hujan lebat dan angin kencang ke Hong Kong pada hari Minggu, karena para ahli memperingatkan bahwa itu menimbulkan ancaman yang cukup besar ke China selatan.

Topan tropis ini setara dengan badai Atlantik Kategori 5 yang langka, dengan kecepatan angin maksimum 240 km per jam di pusatnya. Mangkhut diperkirakan akan bergerak ke arah pulau Luzon di Filipina pada Kamis dan Jumat, memasuki Laut Cina Selatan pada hari Sabtu.

Leung Wing-mo dari Hong Kong Meteorological Society mengatakan kepada HKFP bahwa dengan kekuatan topan super, kemungkinan akan berdampak buruk terhadap Hong Kong jika terus berlanjut ke lintasannya menuju Guangdong: “Ini adalah topan yang sangat kuat. Menurut trek prakiraan, itu akan mempertahankan status topan super selama sisa perjalanannya ke Laut Cina Selatan. ”

Penduduk setempat telah disarankan untuk mengambil tindakan pencegahan dan menghindari aktivitas pantai. Gelombang badai dapat menyebabkan banjir atau arus balik air laut ke daerah dataran rendah.


Tahun lalu, Super Typhoon Hato menyebabkan - badai sinyal No.10 - melanda Hong Kong, menyebabkan kerugian HK $ 4-8 miliar dan memaksa lebih dari 450 penerbangan dibatalkan.

isi berita dirangkum dari hongkongnews, cna, taiwannews, focustaiwan, cwb, observatory

Topan Mangkhut Berbelok, Taiwan Selamat Tapi Hongkong Terancam Badai Terbesar Sepanjang Sejarah Ini, Begini Perkembangannya Hari Ini

Powered by Blogger.
close