loading...

SUARABMI.COM - Nilai tukar rupiah hari - hari ini berada pada level tertinggi diangka 15.000 ke atas hingga sempat tembus 15.400 beberapa waktu lalu.

Nilai tukar yang terus tergerus oleh USD ini juga berpengaruh pada nilai tukar terhadap mata uang asing lainnya seperti NTD dan HKD dimana banyak TKI yang bekerja di sana.

Penyebab seluruh mata uang termasuk rupiah melemah kepada dollar amerika salah satunya adalah adanya kebijakan perekonomian Amerika yang berhubungan dengan kenaikan suku bunga acuan Bank Sentral AS alias Fed rate.

Saat ini nilai Tukar dollar Taiwan hampir menyentuh angka 500 per dollarnya begitu juga dollar Hongkong yang hampir menyentuh angka 2000 rupiah per dollarnya.

Jika rupiah terus melemah, bukan tindak mungkin kurs akan sampai pada 600 rupiah per dollar Taiwan di akhir tahun ini begitu juga dollar Hongkong akan tembus di atas 2000 rupiah per dollar.
[ads-post]
Bak buah simalakama, bagi TKI kenaikan dollar merupakan hal yang menyenangkan karena otomatis gaji naik namun bagi yang ada di Indonesia merupakan ujian dan cobaan karena akan ada kenaikan di berbagai sektor kebutuhan pokok.

Yang sudah jelas terkena imbas kenaikan dollar adalah BBM di mana saat ini pemerintah menaikkan BBM dari jenis premium sampai pertamax. Memang saat ini hanya pertamax yang sudah dinaikkan namun kedepan pertalite dan premium juga akan dinaikkan.

Sebenarnya tidak hanya rupiah yang melemah terhadap dollar namun NTD dan HKD juga melemah terhadap dollar amerika.

So, bagaimana perkembangannya? kamu lebih suka dollar naik apa turun? silahkan tuangkan dalam kolom komentar.

Akhir Tahun Ini Nilai Tukar NT Bisa Sampai 600 Begitu Juga Dollar Hongkong Jika Hal Ini Terjadi

Powered by Blogger.
close