loading...

SUARABMI.COM - Pemerintah Taiwan telah memutuskan untuk menyumbang US $ 1 juta atau setara 15 milyar kepada Indonesia untuk mendukung upaya-upaya bantuan gempa dahsyat yang melanda pulau Sulawesi jum'at ini.

MOFA akan menyerahkan US $ 1 juta dalam bentuk dana bantuan kepada pemerintah Indonesia untuk pembangunan kembali kawasan yang terkena dampak gempa. 

Keputusan untuk sumbangan itu didasarkan pada kebutuhan kemanusiaan dan persahabatan erat antara Taiwan dan Indonesia, kata kementerian itu. 

Selain donasi, Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan (MOHW) telah membuka dua rekening bank khusus untuk donasi dari siapa saja yang ingin membantu orang di Sulawesi pulih dari gempa, menurut MOFA.
[ads-post]
Rekening bank akan dibuka untuk sumbangan sampai 3 November, dan MOHW mengatakan dana yang diterima akan diserahkan kepada MOFA, yang akan meneruskannya kepada pemerintah Indonesia untuk digunakan rekonstruksi di masa mendatang. 

Dalam upaya sumbangan terpisah, Dewan Urusan Masyarakat Luar Negeri mengatakan pengusaha Taiwan yang berbasis di Indonesia telah memulai kampanye donasi dan mengumpulkan dana lebih dari US $ 80.000 untuk membantu korban gempa. 

Gempa berkekuatan 7.5 yang mengguncang kota Palu di Sulawesi Tengah dan tsunami 20 kaki yang diikuti menyebabkan sedikitnya 1.558 orang meninggal, lebih dari 150 hilang, dan 65.733 bangunan rusak pada Jumat pagi.

Kantor perwakilan Taiwan di Indonesia tetap berhubungan erat dengan pemerintah Indonesia untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang kerusakan yang disebabkan oleh gempa bumi, kata kementerian itu, dan berjanji akan segera menanggapi jika pemerintah Indonesia meminta bantuan. 

Pada hari Selasa, Pemadam Kebakaran New Taipei berjanji untuk mengirim pasokan bantuan dan tim penyelamat ke Indonesia untuk membantu Indonesia setelah gempa bumi dan tsunami. 

Pemerintah Taiwan Bantu Gempa dan Tsunami Palu Senilai 15 Milyar Rupiah

Powered by Blogger.
close