loading...
============

SUARABMI.COM - Hati-hati melakukan selfie, karena cukup banyak Insiden netizen yang akhirnya meninggal ketika berfoto selfie. Di Tulungagung sendiri, setidaknya ada empat orang meninggal yang dikabarkan melakukan foto selfie sejak tahun 2016 lalu.

Belum lama ini, Selasa, 19 Juni 2018 juga di Pantai Kedung Tumpang, korban yang bernama Solikin (40), warga Dusun Meduran RT04, RW 04 Desa Ringinpitu, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri, dan anaknya yang bernama Gilang (9) juga tewas karena berfoto selfie di tempat berbahaya.

Kronologisnya kematian orang akibat selfie beragam, tersambar kereta ketika berpose di pinggir rel atau terlindas kendaraan saat mengambil gambarnya sendiri dan banyak cerita mengerikan yang berujung kematian.

Sebuah video tentang Pekerja Migran di Hongkong yang sedang mengambil foto dalam posisi berbahaya, di tebing Lion Rock juga menjadi viral dengan berbagai komentar, pada hari Minggu (30/9/2018).

Banyak netizen yang mengkritik wanita itu karena mempertaruhkan nyawanya demi mendapatkan foto ekstrim.
[ads-post]
Asosiasi peneliti All India Institute of Medical Science akhirnya melakukan survei untuk menakar risiko selfie dan hasilnya selama kurun waktu enam tahun, setidaknya 259 orang di seluruh dunia meninggal akibat selfie. Peneliti mengatakan angka itu hanya yang tercatat, di mana sangat mungkin ada beberapa kasus yang tak terekam angka.

Pria tercatat sebagai korban paling banyak, usia 10 hingga 30 tahun mencapai 85 persen. Adapun negara yang penduduknya paling banyak meninggal karena selfie adalah India, lantas secara berurutan Rusia, Amerika Serikat, dan Pakistan.

“Yang membuat saya khawatir adalah fakta bahwa skenario kematian ini sebenarnya bisa dihindari,” kata kepala peneliti, Agam Bansal

Banyak orang yang rela melakukan selfie berisiko hanya demi meningkatkan eksistensi di media sosial menjadi keprihatinan. “Masyarakat ingin selfie yang sempurna agar banyak yang like di Facebook, Twitter, atau media sosial lain. Saya rasa semua itu tak pantas ditukar dengan nyawa,” kata dia, sebagaimana dilansir Kompas dari Washington Post.

All India Institute of Medical Science juga menjabarkan kategori selfie yang paling memakan korban yakni paling banyak terjadi di laut. Setidaknya ada 70 insiden selfie yang menyebabkan korban tenggelam, baik karena tersapu gelombang, hingga perahu terbalik.

Kemudian ada 51 kematian saat selfie yang terjadi di area transportasi. Umumnya lokasinya di stasiun kereta api, di mana korban tak memerhatikan kereta datang karena sibuk selfie di pinggir rel. Ada 48 kasus kematian sembari selfie yang jatuh dari ketinggian. Urutan berikutnya akibat kebakaran, sengatan listrik, senjata api, dan binatang. *jatimes

Ratusan Orang Tewas Karena Selfie, Dari Tulungagung Tercatat Empat Korban - Kamu Hati2 ya para Pahlawan Devisa

Powered by Blogger.
close