loading...
============

SUARABMI.COM - Direktur Badan Meteorologi Taiwan Chen Kuo-chang (陳國昌) melaporkan bahwa Taiwan kemungkinan akan dilanda gempa bumi 7.0 atau lebih tinggi dari itu dalam beberapa tahun ke depan.

Sebagian besar gempa bumi yang terjadi di Taiwan ini disebabkan oleh adanya garis patahan pertemuan antara Lempeng Laut Filipina dan Lempeng Laut Eurasia di lepas pantai timur. 

Dengan adanya fakta tersebut umumnya gempa bumi  7.0 diprediksi terjadi di Taiwan setiap empat atau lima tahun sekali namun Gempa yang terjadi di Taiwan dalam sepuluh tahun terakhir tidak pernah mencapai 7.0 SR.

Gempa berkekuatan 5.7 dapat dirasakan di pantai timur pada dini hari ini, sementara itu pada 23 Oktober lalu gempa berkekuatan 6.0 SR telah menghantam Taiwan dan mengejutkan masyarakat Taiwan. Kedua gempa tersebut terletak di dasar laut timur dekat patahan barat dari Lempeng Laut Filipina.
[ads-post]
Direktur Chen mengatakan bahwa tiga gempa bumi besar sekitar 6.0 SR terjadi pada hari yang sama di tahun 2015 (20 April), kedua gempa tersebut berlokasi di tempat yang sama di dasar laut timur. Kejadian ini dikenal sebagai gempa multiplet. Gempa dengan lokasi yang sama juga terjadi pada tanggal 8 dan 9 November 2004.

Gempa multiplet jarang terjadi di tempat lain, sebaliknya karena letak geologi pantai timur Taiwan, menyebabkan gempa berkali-kali terjadi di lokasi ini.

Gempa multiplet diyakini terjadi ketika potongan kerak tersangkut dalam patahan, atau karena batas lempeng memiliki bentuk yang tidak beraturan.

Chen juga mencatat bahwa sejak Badan Meteorologi mulai mengamati data meteorologi di laut di sebelah timur Taiwan pada tahun 1900, 70% gempa bumi dengan kekuatan 6,0 atau lebih dan 80% gempa bumi dengan kekuatan 7,0 atau lebih umumnya berasal dari daerah tersebut.

Pusat Laporan Gempa Bumi juga mencatat bahwa dari tahun 1990 hingga 2017 tercatat ada 30 gempa bumi dengan kekuatan 7.0 atau lebih tinggi dari itu, dan rata-rata terjadi setiap empat atau lima tahun.

Dengan analisa tersebut, karena tidak adanya gempa bumi dalam 10 tahun terakhir, maka diprediksikan akan banyak material yang tersangkut dan terus menumpuk dalam patahan. Hal ini berarti kemungkinan terjadinya gempa yang berskala besar di tahun-tahun mendatang akan semakin tinggi. *suarabmi, nihai indoneisa, taiwannews

Taiwan Akan Dilanda Gempa Bumi Dengan Kekuatan 7,0 Skala Richter Bahkan Lebih, Berikut Kata Direktur Badan Meteorologi Taiwan

Powered by Blogger.
close