loading...
============

SUARABMI.COMTak semua TKW (tenaga kerja wanita) Indonesia bernasib baik diluar negeri, banyak dari mereka yang mengalami kerjaan diluar batas kemampuannya dan harus bertahan lantaran berbagai tekanan yang ia rasakan.

Diantara mereka yang mengalami hal demikian, biasanya mereka tertekan dengan perlakuan agensi, tertekan dengan ancaman pemulangan majikan dan tertekan karena mereka baru dan tak mau pulang karena hanya akan menambah beban keluarga.

Karena hal inilah banyak diantara mereka bertahan walaupun dengan beban kerja yang diluar kemampuan mereka, seperti yang dialami oleh Anik Dia, salah satu TKWI Taiwan ini.

Dalam curhatannya ia mengaku baru 11 bulan bekerja di Taiwan, "Dari awal kerja saya ada masalah, karena semua pekerjaan dipanti jompo saya semua anak indonesia, ada 24 anak. Saya Sering bangat dimarah. Bilang pekerjaanku selalu gak bener. Saya selalu diam, tapi saya juga gak kuat ati. Selain itu saya juga ada bekas operasi secar 4x. Tiap mandiin pasien saya harus angkat junjung pasien 42 orang. Disitu perut saya kadang terasa sakit." Keluh Dian kepada satgas Ketenagakerjaan KDEI.
[ads-post]
Dian mengatakan kalau kulitnya saat ini mengalami sakit gatal-gatal yang belum diketahui penyebabnya. "Saya sudah bawa ke dokter tapi gak sembuh-sembuh" katanya.

Karena hal inilah ia pernah meminta ke agensi untuk pindah majikan, namun agensi malah mengancamnya akan memulangkan. "Saya bilang ke ejen kalo saya pengen pindah rumah tangga saja yang tidak angkat junjung pasien sebanyak itu.  Ejen malah ngancam mulangin." Tuturnya

Dian mengaku waktu ia minta pindah majikan masih dalam kondisi potongan belum selesai, namun saat potongan sudah selesai, agensi malah lepas tangan tak peduli. "Kalo ejen gak mau mindah saya ke PRT. Oke gpp saya pulang. Tapi sekarang ejen malah kayak lepas tangan" Unkapnya

Dian pun bingung harus berbuat apa untuk mengatasi permasalahannya ini. Ia mengaku ingin pulang saja karena sudah gak kuat jaga pasien sebanyak itu. Ia dilema antara lapor 1955 atau mogok kerja.

"Karena masalah saya ini sudah dari bulan 8. Tapi gak ada tanggapan sampai sekarang. Ini kulit saya selama di taiwan." Tulisnya sambil mengunggah foto kulit kakinya di atas.

Tak Kuat Kerja di Panti Jompo dan Minta Pindah, TKW Ini Diancam Agensi Akan Dipulangkan dan Sekarang Malah Tak Diperhatikan

Powered by Blogger.
close