loading...

TULUNGAGUNG - Meski curah hujan intensitasnya belum tinggi, satu desa di Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung, yaitu Desa Siyoto Bagus, dilanda banjir bandang. Puluhan rumah terendam air dengan ketinggian air sekitar 50 sentimeter.

"Jika di luar  rumah, ada yang hingga perut orang dewasa. Banjir begitu cepat terjadi saat tengah malam hujan cukup lebat," kata Aam (38), warga Siyoto Bagus, Jumat (30/11) pagi.

Selain pemukiman, area persawahan berubah seperti danau. Bahkan, air meluber ke jalan sehingga  tak bisa dilalui kendaraan.

"Karena sebelumnya kemarau panjang, petani di desa kami menanam polowijo. Jadi, beraneka tanaman sayuran, jagung dan lainnya yang belum sempat dipanen terendam banjir," imbuh Aam.
[ads-post]
Beberapa warga harus mengamankan barang-barang dari rendaman banjir yang telah masuk rumah mereka. Di antaranya menyelamatkan dokumen berharga yang ditaruh di lemari serta barang-barang elektronik lainnya untuk dipindah ke tempat yang lebih tinggi. Beberapa ternak juga  diungsikan dari kandang untuk menghindari situasi yang lebih parah.

Desa Siyoto Bagus terletak di kaki gunung yang berada di wilayah perbatasan Tulungagung dan Trenggalek. Diduga air berasal dari atas pegunungan yang kondisinya sudah gundul. Selama ini wilayah Siyoto Bagus merupakan salah satu desa langganan banjir di wilayah Kecamatan Bandung.

Hingga berita ini diturunkan, belum terkonfirmasi jumlah kerugian material akibat banjir yang tiba-tiba melanda desa itu. 

Tulungagung times

Banjir Bandang Rendam Satu Desa di Tulungagung, Sawah Berubah Mirip Danau

Powered by Blogger.
close