loading...
============

SUARABMI.COM - Operator kereta api satu-satunya Hong Kong (MTR) mengumumkan secara resmi tentang pemangkasan harga tiket bagi semua penumpangnya di akhir pekan ini pada pertemuan Dewan Legislatif.

Pemangkasan harga tiket tersebut dilakukan sebagai bentuk kompensasi kepada publik atas layanan buruknya yang pernah menyebabkan ratusan ribu penumpang harus terlunta-lunta selama enam jam di awal bulan Oktober.

MTR Corporation mengumumkan bahwa bagi orang dewasa yang bepergian dengan kereta api pada 3 dan 4 November hanya butuh membayar 50 persen dari ongkos perjalanan mereka. Sementara untuk orang-orang yang sudah menikmati diskon tiket seperti lansia, anak-anak dan pelajar cukup membayar tarif HK$ 1 per perjalanan terlepas dari berapa jauh jarak perjalananan yang dilakukan.

“Kami sangat menyesalkan insiden yang terjadi pada 16 Oktober dan dampaknya terhadap publik. Diskon tiket adalah tanda terima kasih kami yang kecil kepada para penumpang kami,” kata direktur operasi MTR Adi Lau Tin-shing seperti dikutip SCMP, Senin (29/10/2018)

Sebelumnya diberitakan kerusakan parah yang terjadi di empat jalur kereta api yang meliputi Hong Kong, Kwun Tong, Tseung Kwan O dan Tsuen Wan telah menyebabkan kemacetan yang parah selama enam jam dan menimbulkan protes para penumpang karena kemacetan terjadi di jam sibuk mereka.
[ads-post]
Dari hasil temuan awal pihak berwajib, terjadinya insiden tersebut disebabkan oleh kegagalan sistem yang mengesampingkan kesalahan pada proyek peningkatan sinyal, virus komputer atau sabotase.

Lau memperkirakan diskon tersebut akan bermanfaat bagi sekitar 8 juta orang penumpangnya, karena operator MTR akan menanggung biaya melebihi HK$ 30 juta (US $ 3,8 juta).

Menanggapi pengumuman pemangkasan harga tersebut para anggota Legco mengatakan tidak merasa terkesan. Sebab yang dibutuhkan adalah perbaikan pelayanan publik bukan sekadar diskon.

Pembuat undang-undang Michael Tien Puk-sun, mantan ketua operator kereta api KCR sebelum bergabung dengan MTR Corp pada 2007, mengatakan dia tidak mengerti mengapa perusahaan memilih untuk meluncurkan pemangkasan ongkos pada akhir pekan. Sementara hukuman untuk MTR Corp atas kerusakan terburuk yang pernah terjadi masih belum jelas.

“Mereka yang terkena dampak hari itu adalah semua pekerja, dan sekarang MTR memberi mereka kompensasi dengan memberikan diskon pada hari Sabtu dan Minggu,” kata Tien, Senin (29/11/2018)

Lebih lanjut Tien menyarankan pihak MTR untuk memberikan diskon 20 persen selama lima hari kerja berturut-turut. Sebab apa yang diinginkan publik bukanlah hal yang sepele. Mereka hanya ingin MTR tidak mengacaukan hari kerja mereka.

Menurut undang-undang yang berlaku, MTR terancam bisa dikenakan denda HK$ 1 juta per insiden jika gangguan layanan publik berlangsung antara 31 menit hingga satu jam. Penundaan tiga hingga empat jam akan memicu denda HK$ 5 juta, dan selanjutnya HK$ 2,5 juta akan dinilai untuk setiap jam tambahan.

Eh Hari Ini dan Besuk, MTR Hongkong Kasih Diskon Separu Harga Loh, 50%

Powered by Blogger.
close